Korea Utara Mundur, FIFA Hapus Kemenangan Malaysia atas Indonesia di Fase Grup Kualifikasi Piala Dunia 2022

Olahraga | okezone | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 08:08
Korea Utara Mundur, FIFA Hapus Kemenangan Malaysia atas Indonesia di Fase Grup Kualifikasi Piala Dunia 2022

FEDERASI Sepakbola Dunia (FIFA) mengeluarkan peraturan terbaru untuk ajang Kuaifikasi Piala Dunia 2022. Hal itu menyusul mundurnya Korea Utara dari keikutsertaan pada ajang kali ini.

Kabar mengenai mundurnya timnas Korea Utara tersebut sebelumnya sudah dikonfirmasi langsung oleh Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pada pertengahan Mei kemarin.

Korea Utara memutuskan untuk mundur dair ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 dikarenakan tingginya kasus Covid-19 yang masih terjadi di berbagai belahan dunia.

Sebelum mengambil keputusan ini, timnas Korea Utara tergabung dalam Grup H bersama empat negara lain yakni Turkmenistan, Korea Selatan, Lebanon dan Sri Lanka.

Korea Utara menempati urutan keempat di klasemen sementara Grup H dengan raihan dua kali kemenangan, satu kekalahan dan dua hasil imbang. Total Korea Utara mengoleksi 8 poin dari lima laga yang telah mereka mainkan.

Dengan mundurnya Korea Utara, FIFA pun memutuskan untuk membatalkan seluruh hasil laga yang mereka mainkan di fase grup. Hal ini rupanya berdampak tidak hanya pada penghuni Grup H saja.

Sebab, saat ini Grup H terdiri dari empat tim saja dan seluruh poin yang didapat tim lain saat melawan Korea Utara tidak akan dihitung.

Peraturan ini praktis juga berdampak pada perebutan runner-up terbaik. Untuk itu, FIFA pun mengeluarkan aturan seluruh pertandingan antara runner-up dan peringkat lima (juru kunci) Grup A hingga H tidak dihitung poinnya.

Selain itu, penentian runner-up terbaik akan ditentukan lewat lima kriteria yakni jumlah poin, selisih gol, jumlah gol memasukkan, fairplay dan drawing.

'
Artikel Asli