Shin Tae-yong Benahi 3 Aspek Ini Sebelum Indonesia Bentrok dengan Oman

Olahraga | sindonews | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 06:03
Shin Tae-yong Benahi 3 Aspek Ini Sebelum Indonesia Bentrok dengan Oman

DUBAI - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong membenahi tiga aspek penting jelang laga uji coba kedua di Dubai, Uni Emirat Arab. Sektor pertahanan, masalah fisik dan serangan balik menjadi sorotan juru taktik asal Korea Selatan itu.

Timnas Merah Putih akan menghadapi uji coba melawan Oman pada Sabtu (29/5/2021) di Dubai. Laga tersebut wajib dimenangkan Indonesia lantaran terdaftar sebagai laga resmi FIFA A match yang akan berpengaruh pada ranking dunia.

Sebelum bertarung, Shin Tae-yong melakukan evaluasi dari hasil laga uji coba sebelumnya melawan Afghanistan pada 25 Mei lalu. Di laga ini, Evan Dimas dkk menlan kekalahan 2-3.

Tiga gol yang dilesatkan penggawa Afghanistan semuanya terjadi pada babak pertama. Kemudian di babak kedua, Timnas berhasil memperkecil kedudukan melalui kaki Egy Maulana Vikry (59) dan Adam Alis (64).

Kalah melawan Afghanistan tentu tak ingin mereka ulangi saat menjamu Oman di laga berikutnya. Apalagi, laga nanti dapat memengaruhi rangking kedua tim di FIFA.

Berikut aspek evaluasi Shin Tae-yong pasca laga kontra Afghanistan:

* Lini Pertahanan

Lini pertahanan menjadi sorotan pelatih Shin Tae-yong usai kebobolan tiga gol di laga melawan Afghanistan. Tak dipungkiri, Timnas tidak dalam kondisi terbaik di posisi ini.

"Bicara mengenai itu, pertama untuk stopper, banyak kekurangan disana, tetapi dengan adanya pemain seperti sekarang, kita harus perbaiki satu demi satu," ucap Shin dikutip dari laman PSSI pada Kamis (27/5/2021).

Batal bergabungnya pemain yang sebelumnya direncanakan asal Ipswich Town, Elkan Baggott meninggalkan lubang yang belum terisi pada laga tersebut. Oleh karena itu, pelatih Shin bergegas memanggil Arif Satria dan Didik Wahyu untuk menambalnya.

Dua pemain yang juga sempat mengikuti TC di Jakarta ini, baru bergabung dan ikut latihan di Dubai pada Rabu 26 Mei 2021 kemarin. Diprediksi mereka akan diandalkan saat melawan Oman.

* Passing dan serangan balik

Skema permainan skuad Garuda pun masih belum memuaskan ketika membangun serangan. Masih sering terdapat kesalahan mendasar dalam hal passing dan serangan balik.

Pelatih Shin Tae-yong memang terlihat kerap kali melatih umpan dari kaki ke kaki dan bagaimana Timnas membangun serangan sejak TC di Jakarta awal Mei lalu. Tampaknya, ini belum sepenuhnya teratasi sampai saat ini.

"Kemudian passing dalam pertandingan. Kalau dilihat juga kekurangan ada saat tidak bisanya melakukan serangan balik yang baik, itu yang akan diperbaiki satu demi satu," ujar Shin.

* Fisik pemain

Masa adaptasi yang sebentar membuat para penggawa Timnas belum berada pada kondisi fisik prima. Ini juga yang disiapkan Shin Tae-yong pada laga uji coba nanti.

Fisik menjadi hal yang selalu ditekankan Shin Tae-yong di sepanjang TC Timnas. Banyak hal yang mempengaruhi, seperti cuaca Dubai yang panas, vacumnya kompetisi di Indonesia, hingga pengembalian kondisi pemain pasca menjalankan puasa Ramadhan bulan lalu.

"Masih ada tiga sampai empat hari lagi hingga pertandingan berikutnya, kami harus lebih banyak meningkatkan fisik, itu yang terpenting. Namun sebelum kesana, kita akan mengadakan meeting team terlebih dahulu, semoga kami bisa memperoleh hasil positif," ujarnya.

Artikel Asli