Profil Kontestan Euro 2020 Timnas Kroasia: Vatreni Si Kuda Hitam

Olahraga | inewsid | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 05:00
Profil Kontestan Euro 2020 Timnas Kroasia: Vatreni Si Kuda Hitam

ZAGREB, iNews.id- Timnas Kroasia selalu menghadirkan kejutan ketika mentas di turnamen Internasional. Negara pecahan Yugoslavia itu selalu menjadi kuda hitam yang patut diperhitungkan.

Kroasia tampil dengan performa mengesankan selama babak kualifikasi Euro 2020. Gelaran kali ini menjadi edisi keenam yang diikuti Kroasia atau kelima secara beruntun setelah 2004, 2008, 2012, 2016.

Kroasia memulai debut di Euro pada edisi 1996. Namun, empat tahun setelahnya mereka gagal lolos.

Sejauh ini, pencapaian terbaik yang pernah diperoleh Kroasia di Piala Eropa terjadi pada edisi 2016, yakni mencapai babak 16 besar.

Kroasia juga sempat mengejutkan dunia ketika menjadi finalis Piala Dunia 2018. Dengan materi pemain yang tidak beda jauh, Piala Eropa 2020 diyakini menjadi titik klimaks Kroasia untuk meraih kesuksesan.

Sepanjang babak kualifikasi, Kroasia tercatat meraih lima kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kalah. Pasukan Zlatko Dalic itu sukses mengumpulkan 17 poin dan mencetak 17 gol dengan hanya kebobolan tujuh kali.

Namun, perjuangan Kroasia untuk meraih kesuksesan di Euro 2020 tak akan mudah. Tergabung di Grup D, Kroasia akan bersaing dengan tuan rumah Inggris, Skotlandia dan Republik Ceko.

PELATIH: Zlatko Dalic

Kroasia masih diasuh Zlatko Dalic pada Euro 2020. Pelatih berusia 53 tahun itu perlahan tetapi pasti mampu menyulap Kroasia menjadi tim yang ditakuti di Eropa.

Awalnya, kualitas Dalic sempat diragukan ketika pertama ditunjuk pada 2017 lalu. Maklum, dia belum pernah menukangi tim nasional atau klub elite dalam sejarah kariernya.

Namun, keraguan itu berhasil dibungkam Dalic setelah membantu Kroasia menjadi runner-up di Piala Dunia 2018. Apalagi selama babak kualifikasi Piala Eropa 2020, tim asuhannya hanya kalah sekali dalam delapan pertandingan.

PEMAIN BINTANG: Luka Modric

Gelandang Timnas Kroasia Luka Modric. (Foto: REUTERS)
Gelandang Timnas Kroasia Luka Modric. (Foto: REUTERS)

Usianya sudah 35 tahun, namun pengaruh Luka Modric di Timnas Kroasia masih belum tergantikan. Bukan hanya sebagai kapten tim, gelandang Real Madrid ini juga masih menjadi nyawa permainan tim berjuluk Vatreni itu.

Sejak debut pada 2016, Modric sudah mencatatkan 136 penampilan untuk Timnas Kroasia, terbanyak sepanjang sejarah negara tersebut. Dia juga sudah menyumbang 17 gol internasional sepanjang kariernya.

Prediksi starting XI (4-3-3): Dominik Livakovic; Dejan Lovren, Domagoj Vida, Sime Vrsaljko, Borna Barisic; Mateo Kovaciv, Marcelo Brozovic, Luka Modric; Ivan Perisic, Andrej Kramanic, Nikola Vlasic

PREDIKSI

Peluang Kroasia untuk melaju ke babak fase gugur cukup terbuka. Tetapi, mereka memang harus tetap mewaspadai ketangguhan dua rival utama, yakni Inggris dan Republik Ceko.

Apalagi Kroasia harus memulai Piala Eropa 2020 dengan menghadapi Inggris di Wembley Stadium. Skuad asuhan Zlatko Dalic itu wajib berhati-hati, karena Inggris bernafsu untuk membalas kekalahan di semi final Piala Dunia 2018 lalu.

Sedangkan Republik Ceko juga tidak boleh dianggap remeh. Karena sang lawan juga memiliki catatan apik selama babak kualifikasi. Belum lagi mereka harus menghadapi Skotlandia di kandangnya.

Artikel Asli