Kisah Euro 1972: Panggung Gerd Muller, Jerman Barat Juara dengan Perkasa

Olahraga | inewsid | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 06:15
Kisah Euro 1972: Panggung Gerd Muller, Jerman Barat Juara dengan Perkasa

BRUSSELS, iNews.id- Gelaran Euro 1972 dimenangkan oleh negara kuat saat itu Jerman Barat. Diisi para pemain legendaris seperti Franz Beckenbauer, Uli Hoeness, Gerd Muller, dan Sepp Meier, Jerman Barat tampil digdaya.

Euro 1972 menggunakan format yang seperti tiga edisi sebelumnya, yaitu hanya empat tim yang bermain di putaran final. Pada babak penyisihan diikuti 32 tim yang terbagi rata ke dalam delapan grup. Setiap tim bermain kandang-tandang di fase kualifikasi grup dengan kemenangan dihargai dua poin.

Setiap juara grup melenggang ke perempatfinal untuk memperebutkan tempat di putaran final. Setelah melalui pertandingan ketat, empat tim terbaik lolos ke putaran final. Mereka adalah Timnas Jerman, Belgia, Uni Soviet, dan Hungaria.

Tuan rumah Euro 1972 ditentukan setelah empat tim terbaik diketahui. Belgia menerima kehormatan untuk menjadi tuan rumah. Belgia menggelar dua semi final, perebutan tempat ketiga, dan final di stadion yang berbeda-beda.

Stadion Bosuilstadion di Antwerp dan Stade Emile Verse di Brussels menjadi tuan rumah semi final. Perebutan tempat ketiga digelar di Stade Maurice Dufrasne, Liege.

Sementara itu, Stadion Heysel, Brussels, dipilih sebagai tempat berlangsungnya partai puncak. Tempat itu yang nantinya menjadi saksi keperkasaan Timnas Jerman Barat di Euro 1972.

Perjalanan Timnas Jerman Barat di Euro 1972

Euro 1972 berlangsung pada 14 hingga 18 Juni. Semifinal berlangsung bersamaan pada 14 Juni dengan Belgia melawan Timnas Jerman Barat di Stadion Bosuilstadion dan Hungaria menghadapi Uni Soviet di Stade Emile Verse.

Timnas Jerman Barat mengalahkan tuan rumah dengan skor tipis 2-1. Dua gol Gerd Muller untuk Timnas Jerman Barat hanya berbalas satu oleh Belgia melalui aksi Polleunis.

Sementara itu, semifinal lainnya menelurkan Uni Soviet sebagai pemenang setelah menaklukkan Hungaria 1-0. Gol kemenangan Uni Soviet di semi final dicetak oleh Konkov.

Sebelum partai puncak, pertandingan Belgia kontra Hungaria dalam perebutan tempat ketiga lebih dulu digelar di Stade Maurice Dufrasne, 17 Juni 1972. Tuan rumah menyelamatkan wajahnya dengan menyegel tempat ketiga usai mengalahkan Hungaria 2-1.

Sehari setelahnya, partai puncak pun berlangsung di Stadion Heysel. Timnas Jerman Barat menunjukkan keperkasaannya atas Uni Soviet dalam pertandingan itu.

Gerd Muller dan Herbert Wimmer menjadi pahlawan Timnas Jerman Barat dalam pertandingan itu. Gerd Muller mencetak dua gol dan Herbert Wimmer sekali membobol gawang Uni Soviet.

Hasilnya, Timnas Jerman Barat menjadi juara Euro 1972 dengan kemenangan telak 3-0 atas Uni Soviet. Itu merupakan skor terbesar yang pernah terukir di final Piala Eropa. Akan tetapi, Spanyol memecahkan catatan itu dengan mengalahkan Italia 4-0 di final Piala Eropa 2012.

Gerd Muller Kunci Keperkasaan Timnas Jerman Barat

Gerd Muller merupakan top skor di Euro 1972 dengan empat golnya pada putaran final. Gerd Muller mencetak 10 gol sejak kualifikasi hingga putaran final.

Tanpa ketajaman Gerd Muller, Timnas Jerman Barat tidak akan menjadi tim terbaik di Piala Eropa edisi keempat itu. Meski begitu, para pemain Timnas Jerman Barat lain, seperti Franz Beckenbauer, Uli Hoeness, dan Sepp Meier, juga berpengaruh besar dalam keberhasilan di Euro 1972.

Gerd Muller mencetak 68 gol dalam 62 pertandingan internasional. Di level klub, Gerd Mueller mencatatkan 523 gol dalam 580 penampilan. Gerd Muller merupakan salah satu penyerang tertajam dalam sejarah sepak bola dunia.

Artikel Asli