Guardiola Yakin “Detail Kecil” Bisa Bantu City Juara Liga Champions

beritasatu | Olahraga | Published at 05/05/2021 07:17
Guardiola Yakin “Detail Kecil” Bisa Bantu City Juara Liga Champions

Manchester, Beritasatu.com – Pep Guardiola mengulang suksesnya sebagai manajer, setelah membawa Manchester City meraih babak final Liga Champions yang pertama dalam 51 tahun. Sebelumnya 10 tahun lalu, Guardiola juga mengantarkan Barcelona juara Liga Champions pada 2011.

Manajer asal Spanyol ini meyakini “detail kecil” akan membantunya membuat sejarah bagi City pada pertandingan final yang akan digelar 29 Mei di Istanbul, Turki nanti.

City lolos ke final Liga Champions setelah dalam dua kali pertandingan di semifinal unggul selisih gol 4-1 atas Paris Saint-Germain (PSG).

Kini City akan menunggu calon lawannya antara Chelsea atau Real Madrid yang akan bertanding di babak semifinal leg kedua, Rabu (5/5/2021) malam nanti waktu setempat.

“Banya orang bilang, mudah untuk mencapai babak final Liga Champions. Namun kami bisa mencapainya setelah berusaha dalam empat hingga lima tahun terakhir,” ujar Guardiola kepada BT Sport .

“Setiap hari para pemain tampil konsisten, dan ini luar biasa. Kami mencetak gol pada pertandingan pertama dengan pinggul. Kemudian pada pertandingan kedua tendangan Marquinhos membentur mistar di babak pertama. Detail kecil seperti ini tak bisa Anda hilangkan dari pertandingan,” jelas Guardiola kepada BT Sport.

“Chelsea menang dari Bayern Muenchen (Liga Champions 2012) setelah John Terry melakukan kesalahan di menit akhir. Real Madrid memastikan kemenangan melawan Atletico (Liga Champions 2016) di menit ke-93. Ini adalah kompetisi yang sulit, dan ada sesuatu di dalam bintang yang terlibat di dalamnya”.

“Mereka (PSG) memenangi liga setiap tahun. Mereka adalah tim pemenang, dan bertarung hingga akhir. Namun kami juga tim yang besar. Kami berjuang bersama dan melaju hingga ke babak final”.

Terakhir kali City mencapai babak semifinal Liga Champions pada musim 2015-2016 di bawah manajer Manuel Pellegrini. Guardiola kemudian hanya mampu membawa City ke babak 16 besar sebelum dikalahkan Monaco.

Kemudian tiga musim berikutnya, City melaju hingga babak perempat final, untuk kemudian dihentikan Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Lyon.

Kini dengan melaju ke final, City di bawah Guardiola berpeluang meraih tiga trofi di musim ini. Setelah Piala Liga bulan lalu, gelar juara Liga Inggris bisa mereka raih di akhir pekan nanti, dan trofi Liga Champions di akhir bulan ini.

“Saya bangga dengan pemain kami, mereka termasuk yang tidak tampil telah memberi kontribusi bagi kami. Kami akan memenangi Liga Inggris, dan memiliki persiapan dua atau tiga pekan untuk final (Liga Champions)”.

Artikel Asli