7 Fakta Man City ke Final Liga Champions, Nomor 4 Bikin Guardiola Gemetar

inewsid | Olahraga | Published at 05/05/2021 06:26
7 Fakta Man City ke Final Liga Champions, Nomor 4 Bikin Guardiola Gemetar

MANCHESTER, iNews.id - Manchester City lolos ke final Liga Champions. Mereka menyingkirkan salah satu favorit juara Paris Saint-Germain (PSG) di semifinal.

Kevin De Bruyne dan kolega menang 2-0 atas Les Parisiens pada leg kedua di Etihad Stadium, Rabu (5/5/2021) dini hari WIB. Dua gol kemenangan dicetak Riyad Mahrez menit ke-11 dan 63.

Hasil itu membuat The Citizens berhak ke final dengan agregat 4-1. Itu pertama kalinya The Citizens melangkah ke final Liga Champions sepanjang sejarah.

Namun bukan hanya itu fakta di balik kesuksesan City. Berikut ulasan selengkapnya dikutip dari Opta:

1. Gelandang City Fernandinho berulang tahun yang ke-36 di laga tersebut. Dia menjadi pemain tertua yang memenangkan pertandingan Liga Champions di hari lahir, sejajar dengan Ulf Kirsten (Bayer Leverkusen) pada Desember 2001.

2. Pelatih PSG Mauricio Pochettino paling sering kalah dari Bos City Pep Guardiola sepanjang kariernya yakni 12 kali.

3. City tim ke-21 berbeda yang berhasil menginjakkan kaki di final Liga Champions.

4. Guardiola perlu waspada. Dua musim terakhir, Tottenham Hotspur (2018/2019) dan PSG (2019/2020) juga pertama kalinya lolos ke final Liga Champions. Tapi keduanya kandas di laga pamungkas. The Liywhites kalah dari Liverpool sementara Les Parisiens dibungkam Bayern Munchen.

5. City tim Inggris pertama yang memenangkan 11 pertandingan dalam satu kampanye European Cup/Liga Champions.

6. Sejauh ini The Citizens telah memenangkan tujuh pertandingan terakhir Liga Champions. Itu merupakan deretan kemenangan terpanjang yang dibuat tim Inggris dalam sejarah European Cup/Liga Champions.

7. Pasukan Guardiola adalah tim Inggris kesembilan yang mencapai final European Cup/Liga Champions. Tiga lebih banyak dari negara lain. (Jerman dan Italia mengirimkan 6 wakil).

Artikel Asli