Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Akan Jalani Tes Covid-19 Setiap Hari

Olahraga | okezone | Published at Kamis, 22 April 2021 - 05:20
Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Akan Jalani Tes Covid-19 Setiap Hari

TOKYO - Para atlet yang berpartisipasi dalam Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 akan menjalani tes Covid-19 setiap hari, terutama melalui tes berbasis air liur, dalam upaya untuk mendeteksi potensi infeksi virus corona pada tahap awal.

Pemerintah Jepang dan penyelenggara lainnya sebelumnya berencana untuk melakukan setidaknya empat hari sekali, seperti yang dijelaskan dalam "buku pedoman" edisi pertama yang dirilis pada Februari untuk para atlet.

Namun, penyelenggara telah memutuskan untuk meningkatkan frekuensi tes tersebut untuk memperkuat langkah-langkah keamanan karena varian virus yang lebih menular terus menyebar, dikutip dari Kyodo, Rabu.

Bersama Komite Olimpiade Internasional (IOC), badan penyelenggara Olimpiade sedang menggodok rincian kebijakan baru tersebut, yang diharapkan akan dimasukkan ke dalam edisi kedua "buku pedoman" yang akan dirilis pada akhir April.

Dengan kurang dari 100 hari tersisa menuju upacara pembukaan Olimpiade, Tokyo dilanda apa yang disebut oleh para ahli medis sebagai gelombang keempat infeksi COVID-19.

Namun, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan para pejabat Olimpiade bersikeras Olimpide akan dimulai sesuai rencana pada 23 Juli.

Pemeriksaan berkala atlet internasional umumnya akan dilakukan di pusat pengumpulan sampel yang terletak di dalam desa atlet di distrik tepi laut Harumi.

Seperti tes doping, tes air liur akan dilakukan di bawah pengawasan untuk mencegah tindakan curang, seperti penggantian sampel.

'

Artikel Asli