Loading...
Loading…
UEFA Tolak European Super League, Klub hingga Pemain yang Terlibat Disanksi Berat

UEFA Tolak European Super League, Klub hingga Pemain yang Terlibat Disanksi Berat

Olahraga | inewsid | Senin, 19 April 2021 - 07:43

NYON, iNews.id- UEFA tegas menolak rencana bergulirnya kompetisi baru bernama European Super League atau Liga Super Eropa. Tak tanggung-tanggung, UEFA akan memberi sanksi kepada klub hingga pemain yang terlibat dalam kompetisi itu.

Wacana membentuk kompetisi European Super League itu sudah berhembus sejak lama. Ada 12 tim yang disebut menginisiasi pembentukan kompetisi baru itu.

Sebanyak 12 tim ialah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur. Tampaknya rencana itu benar-benar akan terwujud.

Jurnalis ternama asal Italia, Fabrizio Romano menyebut 12 tim itu sudah sepakat mengadakan European Super League. Panitia penyelenggara Liga Super Eropa disebut sedang bernegosiasi dengan tiga tklub lain agar bisa masuk ke turnamen itu.

Pernyataan resmi, 12 klub sepakbola telah sepakat membentuk kompetisi (baru), yakni Super League (Liga Super Eropa). AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur telah bergabung, kata Fabrizio Romano melalui akun Twitternya, Senin (19/4/2021).

Klub Pendiri, yang kini baru 12 klub papan atas Eropa itu nantinya akan bernegosiasi dengan FIFA dan UEFA untuk bisa bekerja sama dalam memajukan sepakbola Benua Biru tersebut.

Tiga klub lagi diharapkan bergabung sebagai klub pendiri sebelum musim perdana, yang diharapkan dimulai secepat mungkin. Di masa depan, klub pendiri bakal berkonsultasi dengan UEFA dan FIFA agar dapat bekerja sama, kata Romano.

Sementara itu, UEFA bersama Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), Inggris (FA), dan Italia (FIGC) tegas menolak keras kompetisi itu. UEFA akan memberikan sanksi berat kepada klub yang terlibat

Sanksi yang akan diberikan UEFA ialah klub yang terlibat di kompetisi European Super League bakal dilarang mengikuti kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa, bahkan dunia. Kemudian, para pemain yang terlibat dilarang bermain untuk timnas.

Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh FIFA dan enam Federasi Sepakbola, klub-klub yang terlibat (dalam pembentukan Liga Super Eropa) akan dilarang bermain di kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa atau dunia. Para pemain juga dapat ditolak kesempatannya untuk mewakili tim nasional mereka, kata penyataan UEFA dikutip dari laman resminya.

Bahkan UEFA berencana menempuh jalur hukum jika kompetisi baru itu benar dilaksanakan. UEFA meminta seluruh pencinta sepak bola di dunia bersinergi menolak kompetisi yang disebut hanya untuk kepentingan pribadi itu.

"Kami berterima kasih kepada klub-klub di negara lain, terutama klub Prancis dan Jerman, yang telah menolak untuk mendaftar. Kami menyerukan kepada semua pecinta sepak bola, pendukung dan politisi, untuk bergabung dengan kami dalam memerangi proyek semacam itu jika akan diumumkan. Kepentingan pribadi beberapa orang ini telah berlangsung terlalu lama," tuturnya.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{