PBSI Inginkan BWF Ganti Sistem Skor 5x11, Ini Kata Hendra Setiawan

Olahraga | indosport.com | Published at Senin, 05 April 2021 - 10:21
PBSI Inginkan BWF Ganti Sistem Skor 5x11, Ini Kata Hendra Setiawan

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan, menanggapi rencana perubahan sistem skor 5x11 yang diusulkan Persatuan Bulutangkis  Seluruh Indonesia (PBSI) kepada BWF.

Diketahui sebelumnya, BWF pada hari Minggu (04/04/21) mengumumkan akan menggelar voting terkait usulan perubahan skor 5x11 pada Rapat Umum Tahunan yang akan berlangsung 22 Mei 2021 mendatang.

Dalam pernyataan resminya, BWF menyebutkan bahwa usulan perubahan skor 5x11 ini diusulkan pertama kali oleh PBSI dan Federasi Bulutangkis Maladewa.

Pihak PBSI sendiri, melalui pernyataan resmi yang diungkapkan Bambang Roedyanto , selaku Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PP PBSI, membenarkan bahwa pihaknya telah mengadakan usulan perubahan sistem skor menjadi 5x11.

Dihubungi di tempat berbeda, rekan tandem Muhammad Ahsan, Hendra Setiawan mengaku mendukung keputusan PBSI mengajukan perubahan sistem skor ini.

"Saya secara pribadi sih setuju saja dengan perubahan skor,” ujar Hendra Setiawan,dilansir dari situs PBSI.

“Kalau sampai diterapkan ini sangat positif karena pertandingan tidak akan terlalu lama dan stamina juga bisa dihemat. Tantangannya nanti menjadi fokus yang harus siap dari awal, tidak boleh telat panas," ucap Hendra.

Sebenarnya, wacana perubahan sistem skor ini sudah terlebih dahulu digulirkan BWF saat Rapat Umum Tahunan tahun 2018. Tetapi saat itu mayoritas peserta rapat menolak perubahan tersebut, termasuk Indonesia.

Saat itu, Indonesia menolaknya karena BWF  hanya mengujicobakan tiga empat kali di turnamen kecil dan lalu langsung diterapkan.

Padahal saat itu kualifikasi Olimpiade 2020 akan dimulai. Bila menggunakan format baru, para pemain tidak punya banyak waktu untuk beradaptasi.

Artikel Asli