5 Fakta Hujan Lebat di Indonesia saat Musim Kemarau

5 Fakta Hujan Lebat di Indonesia saat Musim Kemarau

Nasional | okezone | Sabtu, 22 Juni 2024 - 06:29
share

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat, selama sepekan ke depan atau periode 21 hingga 27 Juni 2024 mendatang.

Berikut sejumlah faktanya:

1. Hujan Akan Turun Meskipun Kemarau

“Pada bulan Juni 2024 sebagian wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau. Meskipun demikian, BMKG memantau masih terjadi hujan lebat hingga sangat lebat (di atas 100 mm/hari) di beberapa wilayah seperti Papua Barat, Banten, Sumatera Utara, dan Jawa Tengah pada dasarian II bulan Juni 2024,” tulis BMKG dalam keterangan resminya.

2. Adanya Atmosfer Rossby Ekuatorial dan Kelvin

BMKG mengatakan, cuaca di Indonesia saat ini dipengaruhi oleh gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial diprakirakan aktif di wilayah Sumatra bagian utara dan tengah, Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, dan Papua Barat Daya. Sementara untuk aktivitas gelombang atmosfer Kelvin terpantau di wilayah sebagian Papua Barat Daya.

“Adanya sirkulasi siklonik, daerah perlambatan kecepatan angin dan pertemuan angin di sebagian besar wilayah Indonesia, dan kondisi labilitas lokal yang kuat di sebagian wilayah Indonesia juga mendukung potensi terbentuknya awan-awan hujan,” ujar BMKG.

Topik Menarik