PBB: Lebih dari Separuh Lahan Pertanian di Gaza Rusak, Bencana Kelaparan Kian Parah

PBB: Lebih dari Separuh Lahan Pertanian di Gaza Rusak, Bencana Kelaparan Kian Parah

Global | okezone | Jum'at, 14 Juni 2024 - 10:11
share

GAZA – Menurut analisis citra satelit yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lebih dari separuh lahan pertanian di Gaza, yang penting untuk memberi makan penduduk kelaparan di wilayah yang dilanda perang, telah terdegradasi akibat konflik.

Data tersebut mengungkapkan peningkatan kerusakan kebun, tanaman pangan dan sayur-sayuran di daerah kantong Palestina, dimana kelaparan tersebar luas setelah delapan bulan pemboman Israel.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (12/6/2024) memperingatkan bahwa banyak orang di Gaza menghadapi bencana kelaparan.

Dengan menggunakan citra satelit yang diambil antara Mei 2017 dan 2024, Pusat Satelit PBB (UNOSAT) dan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) menemukan bahwa 57 lahan pertanian permanen di Gaza dan lahan subur yang penting bagi ketahanan pangan telah menunjukkan penurunan kepadatan yang signifikan. dan kesehatan.

“Pada bulan Mei 2024, kesehatan dan kepadatan tanaman di Jalur Gaza menunjukkan penurunan yang nyata dibandingkan rata-rata tujuh musim sebelumnya,” kata UNOSAT pada Kamis (13/6/2024), dikutip Reuters.

“Kemunduran ini disebabkan oleh aktivitas yang berhubungan dengan konflik, termasuk penghancuran, pergerakan kendaraan berat, pengeboman, dan penembakan,” lanjutnya.

UNOSAT mengatakan penurunan ini menandai peningkatan kerusakan lahan pertanian sebesar 30 sejak analisis terakhirnya diterbitkan pada bulan April.

Topik Menarik