Sowan ke Ormas PP Persis, Ini yang Dikatakan Kapolri

republika | Nasional | Published at 17/03/2021 03:46
Sowan ke Ormas PP Persis, Ini yang Dikatakan Kapolri

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sowan atau mendatangi kantor organisasi kemasyarakatan (ormas) Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis) di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Selasa (16/3) sore. Ia bersama rombongan di antaranya Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri, dan Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya diterima pimpinan Persis.

Kapolri bersama pimpinan Persis melakukan pembicaraan di kantor tersebut. Seusai pertemuan, Jenderal Polisi Listyo langsung memberikan keterangan kepada media massa.

"Alhamdulillah baru saja kami dari Mabes Polri telah sekian lama kami merencanakan untuk bersilaturahmi dengan ketua umum PP Persis, namun karena beberapa kali kegiatan baru hari ini kami bisa melaksanakan. Alhamdulillah, Beliau beserta seluruh pengurus PP Persis menyambut baik kehadiran kami," ujarnya kepada wartawan, Selasa (16/3).

Dia menuturkan, pihaknya menyampaikan beberapa program kepolisian termasuk salah satunya tentang moderasi keberagaman yang selalu disampaikan tiap kali melakukan kunjungan. Hal itu dilakukan agar hubungan pemimpin dengan ulama dapat lebih kuat menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Banyak program yang bisa dilaksanakan mulai dari bagaimana kita meningkatkan persatuan dan kesatuan yang kita rasakan di masyarakat sampai saat ini masih ada polarisasi sehingga butuh persatuan dan kesatuan sehingga ke depan menjaga terhadap hal-hal yang mungkin tidak cocok dengan suasana Indonesia yang penuh kebhinekaan," katanya.

Dia pun mengajak Persis untuk bersama-sama dalam upaya penanganan Covid-19 dan menekan penyebarannya serta menjalankan PPKM. Selain itu, diharapkan dapat menyukseskan kegiatan vaksinasi massal.

"Kita juga perlu kerja sama dengan seluruh masyarakat utamanya dengan tokoh-tokoh, ulama, ormas untuk supaya program vaksinasi ini bisa berjalan dengan baik terutama bila ada informasi-informasi di lapangan yang mungkin kurang pas yang perlu diterjemahkan sehingga tentunya dengan bantuan dari Persis menerjemahkan ke umat akan jauh lebih diterima," katanya.

Wakil Ketua Umum PP Persis, Jeje Zaenudin mengapresiasi langkah Kapolri yang melakukan komunikasi dengan berbagai pihak pada kondisi saat ini. Dia mengatakan, komunikasi langsung yang dilakukan sangat baik.

"Pola komunikasi langsung, bertatap muka dengan Ormas Islam karena memang kita di Persatuan Islam juga telah mempelajari membaca bagaimana visi misi serta program-program unggulan prioritas bapak Kapolri ini sangat kami mengapresiasi setuju dan siap bekerja sama mendukung menaruh harapan besar di bawah kepemimpinan Pak Kapolri ini," katanya.

Pihaknya berharap, agar penegakan hukum pengayoman dan perlindungan masyarakat semakin nyata dirasakan masyarakat.

Artikel Asli