Loading...
Loading…
Mataram Mulai Vaksin Lansia di 22 Faskes dan Posyandu

Mataram Mulai Vaksin Lansia di 22 Faskes dan Posyandu

Nasional | lombokpost | Selasa, 02 Maret 2021 - 14:20

MATARAM Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram mulai melaksanakan vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia), Senin (1/3/2021). Kegiatan ini dilaksanakan di 22 fasilitas kesehatan (faskes) terdiri dari 11 Puskesmas dan rumah sakit serta posyandu lansia.

Vaksinasi Lansia sudah dimulai di Puskesmas Mataram hari ini. Kemudian Dikes Kota Mataram juga akan melanjutkan vaksinasi di layanan publik, terangnya.

Khusus untuk layanan publik, vaksinasi akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Mataram melalui dinas kesehatan dibantu rumah sakit, serta Pemerintah Provinsi NTB. Rabu (3/3/2021) insya Allah kami akan laksanakan di Kantor DPRD terhadap 40 orang anggota dewan. Disusul ke Satpol PP, lurah, dan camat. Kami akan ke sana untuk menyegerakan vaksinasi, tegasnya.

Kemudian vaksinasi bagi layanan publik juga dibuka di Puskesmas Senin sampai Sabtu. Kecuali hari Jumat.

Usman memaparkan, data lansia yang akan divaksinasi sebanyak 13.366 orang. Ditambah ASN dan instansi layanan publik sebanyak 952 orang. Sehingga total sasaran lansia dan instansi layanan publik sebanyak 14.318 orang. Namun vaksin yang baru diterima Dikes Mataram dari Pemerintah Provinsi NTB 1.260 orang. Semua vaksinnya didatangkan dari pusat. Mungkin bertahap, kata dia.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana dan TGH Mujiburrahman juga secara mendadak mendatangi Kantor Dinas Kesehatan untuk mengecek progres pelaksanaan vaksinasi di daerah ini, Senin (1/3/2021).

Kedatangan beliau memang tidak terjadwal. Beliau datang ketika kami rapat koordinasi dengan semua kepala Puskesmas, kata Usman kepada Lombok Post ditemui usai rapat di kantornya.

Mohan dan TGH Mujib menanyakan progres vaksinasi terhadap para tenaga kesehatan di Kota Mataram. Baik yang ada di Puskesmas maupun di rumah sakit. Usman menjelaskan, vaksinasi terhadap Nakes sudah 100 persen untuk suntikan pertama. Kemudian untuk suntikan kedua tinggal 30 persen dari jumlah 7.053 Nakes.

Kemudian beliau juga menanyakan terkait rencana vaksinasi Lansia. Termasuk institusi layanan publik (yang akan divaksin), lanjutnya.

Sementara Kepala Puskesmas Mataram dr Wiwik Nurlaela mengatakan, vaksinasi bagi Lansia sudah mulai dilaksanakan di wilayah kerjanya. Untuk hari pertama kemarin, vaksinasi dilakukan di Lingkungan Kamasan Kelurahan Monjok Timur.

Harusnya di dua lingkungan di Monjok Culik juga. Tetapi karena ada orang meninggal di lingkungan itu, ditunda, kata dia.

Total ada 953 orang Lansia yang menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi di wilayah kerja Puskesmas Mataram. Itu akan dilakukan secara bertahap bulan ini. Yang sudah divaksinasi hari ini 29 orang. Besok pagi dilanjutkan lagi, terangnya. (ton/r3)

Original Source

Topik Menarik

{