Loading...
Loading…
Begini 9 Fakta Kartu Prakerja Gelombang 12, Disusupi Situs Penipuan

Begini 9 Fakta Kartu Prakerja Gelombang 12, Disusupi Situs Penipuan

Nasional | harianhaluan | Sabtu, 27 Februari 2021 - 09:41

HARIANHALUAN.COM - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 telah ditutup. Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka pada 23 Februari 2021 dan ditutup pada 26 Februari 2021

Kartu Prakerja adalah program pemerintah untuk pelatihan dan pengembangan keahlian yang selama pandemi diakomodasi juga untuk memberikan bantuan insentif bagi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) atau angkatan kerja baru. Total BLT yang diberikan sebesar Rp3,55 juta.

Berikut fakta-fakta menarik terkait pembukaan hingga penutupan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12, dikutip dari Okezone, Sabtu (27/1/2021).

1. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 12 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengakses situs Kartu Prakerja.

"Program kartu Prakerja gelombang 12 ini saya nyatakan kembali dibuka," ujar Airlangga dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Selasa (23/2/2021).

2. Hanya Dibuka Sampai 26 Februari

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tahutu menyebut pihaknya menyediakan waktu untuk pendaftaran gelombang 12 hingga Jumat 26 Februari 2020 mendatang.

"Perlu kami jelaskan bahwa seleksi Kartu Prakerja tidak berdasarkan siapa yang lebih dahulu mendaftar. Proses randomisasi baru dilakukan setelah penutupan gelombang. Jadi kalau ada kesulitan mengunggah KTP silakan dicoba lagi nanti agak malam atau besok hingga 26 Februari," ujarnya, Rabu (24/2/2021).

3. Kuota Penerima dan Besaran Bantuan

Kuota Kartu Prakerja gelombang 12 sebanyak 600.000 peserta dengan total target peserta semester I-2021 sebanyak 2,7 juta orang.

Anggaran Kartu Prakerja mencapai Rp10 triliun dengan nilai manfaat bantuan pelatihan Rp1 juta, insentif pasca pelatihan total Rp2,4 juta (Rp600 ribu x 4 bulan), insentif pasca survei total Rp150 ribu (Rp50 ribu x 3 survei).

4. Syarat dan Ketentuan Peserta Kartu Prakerja

A. Pendaftar terbuka bagi semua WNI 18 tahun ke atas

- pencari kerja atau penganggur (lulusan baru dan korban PHK)

- pekerja (buruh/karyawan)

- wirausaha

B. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

C. Bukan penerima bansos Kemensos (DTKS), BSU, BPUM

D. Bukan TNI/Polri, ASN, Anggoran DPR/D, BUMN/D dan lainnya

E. Demi pemerataan, setiap KK dibatasi 2 anggota keluarga

5. Tahapan Mendaftar

Calon peserta juga sebaiknya memahami tahapan-tahapan untuk mendaftar, sebagai berikut:

- Buka laman www.prakerja.go.id

- Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), masukkan data diri, dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun

- Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online

- Klik Gabung pada gelombang daftar Prakerja yang sedang dibuka

- Tunggu pengumuman seleksi peserta yang lolos daftar Kartu Prakerja Gelombang 12.

6. Sejak Dibuka, Survei Kompetensi meningkat hingga 94%

Keberhasilan Program Kartu Prakerja telah divalidasi oleh Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020. Survei tersebut menyebutkan 88,9% penerima Kartu Prakerja menyatakan bahwa keterampilan mereka meningkat.

Selain itu, 81,2% penerima Kartu Prakerja menyatakan bahwa dana insentif pasca pelatihan digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang sesuai dengan penugasan sebagai program perlindungan sosial selama masa pandemi.

Dalam hal pengembangan kompetensi, Survei Evaluasi yang dilakukan oleh Manajemen Pelaksana mencatat bahwa 94% penerima Kartu Prakerja mengalami pengembangan kompetensi melalui skilling, upskilling, dan reskilling.

7. Penyebab Kesulitan Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12

Minat yang tinggi dari masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran Kartu Prakerja di gelombang 12 membuat servernya mengalami gangguan. Salah satu kendalanya yaitu sulitnya mengunggah e-KTP untuk memenuhi persyaratan.

Menanggapi hal itu, Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tahutu mengimbau agar masyarakat untuk bersabar, sehingga mencobanya di lain waktu. Misalnya, seperti dinihari nanti atau pagi hari. Sebab, masih ada waktu hingga Jumat 26 Februari 2020 mendatang.

8. Waspada Situs Penipuan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Sejak program Kartu Prakerja gelombang 12, kini muncul informasi-informasi yang mengarah kepada berita hoaks. Salah satunya beredar pesan singkat di aplikasi WhatssApp yang menginfokan alamat portal pendaftaran Kartu Prakerja.

Menanggapi hal itu, Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tahutu menegaskan kalau informasi tersebut adalah hoaks.Bertujuan menipu masyarakat dan akan merugikan masyarakat. Situs resmi Kartu Prakerja adalah www.prakerja.go.id jadi dengan akhiran "go.id" karena merupakan program resmi pemerintah.

9. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Ditutup Pukul 12.00

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tahutu mengatakan, pihaknya akan menutup pendaftaran Kartu Prakerja pada pukul 12.00 WIB.

"(Pendaftaran) Gelombang 12 tutup jam 12.00 hari ini," kata Louisa kepada Okezone.

Pendaftaran Program Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan melalui laman resmi www.prakerja.go.id, dan informasi terkait Program Kartu Prakerja bisa diakses di akun media sosial resmi Instagram @prakerja.go.id. (*)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{