"

Menpora: Vaksinasi Diprioritaskan Bagi Atlet yang Akan Bertanding

jawapos | Nasional | Published at 26/02/2021 11:24
Menpora: Vaksinasi Diprioritaskan Bagi Atlet yang Akan Bertanding

JawaPos.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) hari ini, Jumat (26/2) melakukan vaksinasi untuk 820 atlet, pelatih dan tenaga pendukung. Vaksinasi tahap pertama ini berlokasi di Istora Senayan, Jakarta. Menpora Zainudin Amali mengatakan, atlet dan tenaga pendukung yang diprioritaskan divaksin adalah mereka yang segera mengikuti event olahraga nasional maupun internasional.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan vaksinasi perdana untuk atlit, pelatih dan tenaga pendukung. Kegiatan ini bekerja sama antara Kemenpora, Kemenkes, Polri, Komite Oliimpiade Indonesia, NPC (National Paralympic Comittee) dan pimpinan-pimpinan cabang-cabang olahraga,” terang dia dalam konferensi pers di lokasi, Jumat (26/2).

Proses vaksinasi ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan akan selesai pada 17.00 WIB. Kegiatan vaksinasi kepada para atlet, pelatih dan tenaga pendukung ini dilakukan secara bertahap atau bergantian tiap waktunya agar tidak terjadi kerumunan.

Baca Juga: 39 Tahanan KPK Divaksin, Firli: Negara Bertugas Berikan Perlindungan

“Itu akan dilakukan bertahap, supaya tidak terjadi kerumunan, maka kita melakukan tahapan sampai jam 5 sore, kita atur jadwalnya gilirannya jam berapa,” jelasnya.

Zainudin menuturkan bahwa yang diprioritaskan adalah mereka yang saat ini berada di pusat pelatihan nasional (pelatnas) serta tim yang akan bersiap untuk bertanding. Salah satu pertandingan yang hendak diikuti adalah Olimpiade Tokyo.

“Yang hari ini yang kita dahulukan adalah mereka yang berada di pusat pelatihan nasional, maupun mereka yg bersiap untuk berkompetisi dalam waktu dekat, mereka yang ada di pelatnas ini adalah yang mereka bersiap untuk mengikuti Olimpiade Tokyo, dan juga yang mempersiapkan diri untuk ikut di kualifikasi cabang-cabang olahraga maupun persiapan awal kami untuk SEA Games Vietnam,” tambah dia.

Ia mengharapkan semua proses vaksinasi ini berjalan dengan lancar dan para atlet dapat mengharumkan nama bangsa di mancanegara. “Kita harap ini semua lancar,” sambungnya.

Selain itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa pemerintah memang memprioritaskan vaksinasi untuk para atlet, khususnya mereka yang akan bertanding.

“Memang sekarang jumlah vaksin masih terbatas, maka itu kita prioritaskan, khusus untuk atlet itu mereka yang harus segera bertanding untuk pertandingan internasional atau event dari Kemenpora, sisanya kita lakukan secara bertahap. Kita percaya atlet kita sehat. Semoga bisa mengibarkan bendera merah putih di luar negeri,” tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Asli