Begini Penampakan Banjir di Kemang Jakarta, Mobil Cuma Kelihatan Atapnya

bukamatanews | Nasional | Published at 20/02/2021 12:54
Begini Penampakan Banjir di Kemang Jakarta, Mobil Cuma Kelihatan Atapnya

JAKARTA, BUKAMATA - Banjir merendam beberapa titik di Jakarta, Bogor, Depok, Tangeran dan Bekasi (Jabodetabek). Salah satu titik terparah di Jakarta, adalah Kemang. Mobil-mobil yang terparkir di halaman beberapa gedung, tampak terendam. Hanya atapnya yang kelihatan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap, wilayah Jabodetabek memang diguyur hujan lebat secara merata sejak 18 Februari 2021. Itu diungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam jumpa pers daring, Sabtu (20/2/2021).

Dwikorita menjelaskan, 1 milimeter hujan berarti air hujan yang turun di wilayah seluas 1 meter persegi, akan memiliki ketinggian 1 milimeter jika air hujan tidak meresap, mengalir, atau menguap. Sementara warna-warna pada peta menunjukkan jumlah curah hujan dalam satuan milimeter.

Kata Dwikorita, ada hujan sangat lebat hingga ekstrem yang terjadi di sejumlah daerah di Jabodetabek.

"Jadi data kami yang terkumpul dari data pengamatan di Halim 160-176 mm per hari, kemudian tercatat di Sunter Hulu 197 mm/hari, Lebak Bulus tercatat 154 mm/hari, dan Pasar Minggu ini tercatat 226 mm/hari. Yang tertinggi di Pasar Minggu," bebernya.

Hujan lebat hingga ekstrem yang terjadi di Jabodetabek itu tambah Dwikorita, terjadi dalam waktu yang hampir selalu sama, yakni dari malam berlanjut ke pagi.

"Kejadian hujan di Jabodetabek umumnya terjadi pada malam menerus ke dini hari dan berlanjut ke pagi hari. Itu waktu kritis yang harus kita waspadai," kata dia.

Artikel Asli