Loading...
Loading…
Imlek 2021,  Arak-arakan Toa Pe Kong di Tegal Ditiadakan

Imlek 2021, Arak-arakan Toa Pe Kong di Tegal Ditiadakan

Nasional | ayosemarang | Selasa, 02 Februari 2021 - 13:15

TEGAL, AYOSEMARANG.COM -- Perayaan Imlek 2021 di Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal dikemas lebih sederhana dari biasanya.

Sebab, sejumlah tradisi Imlek ditiadakan seperti kirab Toa Pe Kong, sembahyang di laut hingga hiburan barongsai.

Pendeta Chen Li Wei mengatakan, perayaan Imlek tahun ini jauh lebih sederhana dari biasanya.

"Semua ritual sembahyang masih dilaksanakan semua. Kecuali kirab Toa Pe Kong, sembahyang di laut dan hiburan. Pertunjukan barongsai juga tidak ada," katanya, Senin (1/2/2021).

Menurutnya, tidak adanya arak-arakan patung dewa atau kongco sedikit mengurangi nilai yang terkandung di dalamnya. Sebab, kirab merupakan salah satu tradisi inti, karena itu sebagai penutup atau puncak perayaan Imlek.

"Yang pasti ada nilai yang berkurang. Karena sudah menjadi ritual rutin. Ada kirab patung dewa. Karena kita percaya, para dewa itu seperti pejabat yang berinspeksi yang akan memberikan berkah bagi masyarakat saat dikeluarkan dan diarak keliling kota," terangnya.

Selain itu, kirab juga merupakan salah satu bentuk dari ruwat atau tolak bala.

"Karena ini masa pandemi dan pasti akan menimbulkan kerumunan banyak jadi ditiadakan," ucapnya.

Sebagai gantinya, kata Chen Li Wei, di tanggal 14 dan 15 Imlek, 9 dewa berserta pengawalnya yang seharusnya diarak akan diturunkan dari singgasana ke altar kelenteng.

"Jadi 9 patung dewa yang seharusnya diarak akan diturunkan dari singgasana dan ditaruh di altar tengah. Di situ nanti ada upacara sembahyang. Ini sebagai syarat tidak bisa keluar," tuturnya.

Selanjutnya, patung-patung dewa akan dikembalikan lagi ke singgasana masing-masing pada keesokan harinya.

Ia sendiri mengimbau agar para umat yang hendak melakukan ibadah di Kelenteng Tek Hay Kiong untuk selalu menaati protokol kesehatan, seperti pakai masker, cuci tangan atau bawa hand sanitizer dan menjaga jarak.

Original Source

Topik Menarik