"

Vaksinasi Dosis Kedua, Dokter Abdul Muthalib Ngaku Lebih Tenang Suntik Jokowi

sindonews | Nasional | Published at 27/01/2021 09:50
Vaksinasi Dosis Kedua, Dokter Abdul Muthalib Ngaku Lebih Tenang Suntik Jokowi

JAKARTA - Dokter Abdul Muthalib, vaksinator Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku lebih tenang saat menyuntik Kepala Negara. Sebab ia sudah terbiasa sejak melakukan vaksinasi pertama kepada Presiden.

"Lebih tenang karena sudah terbiasa dengan vaksinasi pertama," tutur Muthalib di sela-sela vaksinasi di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua, Dokter yang Suntik Jokowi Tak Terlalu Gemetar

Ia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memercayakan dirinya sebagai vaksinator COVID-19. Ia pun menegaskan bahwa vaksin yang diberikan ke Jokowi adalah merk Sinovac Biotech Ltd asal China.

"Saya ingin jelaskan vaksin yang saya berikan adalah vaksin Sinovac," jelas Muthalib.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan vaksinasi pertama ditujukan untuk mengenalkan kandungan vaksin pada sistem kekebalan tubuh. "Jadi untuk memicu respons kekebalan awal," katanya. Baca juga:Usai Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua, Jokowi Yakin Efeknya Sama Cuma Pegal-pegal

Sedangkan vaksinasi kedua ditujukan untuk memperkuat respons imun yang telah terbentuk sebelumnya agar lebih optimal. "Harap diingat antibodi baru akan optimal pada 14 sampai 28 hari setelah suntikkan kedua," tutup Reisa.

Artikel Asli