Loading...
Loading…
Tak Ada Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Tahun Ini

Tak Ada Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Tahun Ini

Nasional | fornews.co | Selasa, 19 Januari 2021 - 20:30

PALEMBANG, fornews.co Yayasan Pulau Kemaro Palembang memutuskan tidak akan menggelar perayaan Cap Go Meh yang merupakan rangkaian Imlek 2572, tahun ini.

Pengurus Yayasan Pulau Kemaro, Harun mengatakan, pertimbangan masih berlangsungnya pandemi Covid-19 menjadi alasan utama tidak digelarnya perayaan tersebut. Apalagi mengingat kondisi Kota Palembang saat ini yang masih ada penambahan kasus positif hariannya.

Tentu kami tidak mau ambil risiko dengan kerumunan orang nantinya. Karena itu, kami tiadakan perayaannya tahun ini. Keputusan ini inisiatif yayasan sendiri, ujar Harun, Selasa (19/1/2021).

Menurut Harun, puncak perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro identik dengan keramaian dan kerumunan orang, bahkan selalu ada pengunjung dari berbagai wilayah maupun negara lain. Tahun lalu saja ada puluhan ribu pengunjung.

Hari ini saya sudah laporkan keputusan yayasan tersebut ke pihak Polrestabes Palembang, mereka menyambut baik. Laporan ke pihak Pemkot Palembang juga sudah beberapa hari lalu, ucapnya.

Meski perayaan ditiadakan, pihaknya tetap membebaskan pengunjung untuk berziarah dan berdoa secara mandiri di Pulau Kemaro. Namun begitu, ia tetap menyarankan, umat untuk berdoa dan beribadah di kelenteng terdekat dengan tempat tinggal saja pada Cap Go Meh nanti.

Kami hanya tiadakan perayaan, yang biasanya di situ ada ratusan pedagang, ada penampilan barongsai. Kami juga tiadakan fasilitas perahu menyeberang seperti biasa. Tapi kalau mau datang sendiri untuk beribadah silakan, asalkan menerapkan protokol kesehatan, atau lebih baik di kelenteng dekat rumah saja, imbaunya. (yas)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{