Loading...
Loading…
Peluang dari Senyapnya Bisnis Data Center di Tengah Pandemi

Peluang dari Senyapnya Bisnis Data Center di Tengah Pandemi

Nasional | republika | Sabtu, 09 Januari 2021 - 16:33

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Akhir tahun 2020, sebelum peta dunia berubah akibat pandemi, perusahaan-perusahaan skala dunia rupanya sedang merencanakan untuk melakukan hal-hal besar.

Sebagaimana Data Center Frontier melaporkan pada September 2020 bahwa Google sebenarnya sedang merencanakan suatu proyek yang membuat perusahaannya semakin ramah lingkungan, sementara Microsoft sedang membuat program khusus agar server bertahan lebih lama (dengan menerapkannya di bawah air).

Di sisi lain Facebook sedang membangun usahanya lebih besar dari sebelumnya, Amazon menyempurnakan strategi tepi, dan Equinix memposisikan ulang mereknya.

Tercatat setidaknya ada 10 kesepakatan bernilai miliaran dolar AS yang telah dirancang namun di luar semua itu, bisnis-bisnis besar tersebut sedang fokus menggarap sebuah proyek besar bernama data center.

Data center merupakan suatu fasilitas berupa jaringan komputer dan ruang penyimpanan data yang bisa dipakai oleh kalangan pebisnis maupun organisasi untuk melakukan pengaturan, pemrosesan, penyimpanan, serta penyebarluasan data dalam skala besar.

Demi fokus pada bisnis tersebut, Facebook misalnya diam-diam pada akhir tahun lalu berencana menginvestasikan 1 miliar dolar AS untuk menambahkan tiga gedung pusat data besar ke kampusnya di Georgia. Proyek pembangunan tersebut akan menambah kapasitas data center hingga 1,5 juta feet (kaki) persegi.

Original Source

Topik Menarik