Loading...
Loading…
Kasus Kematian Covid NTB di Atas Rata-rata Nasional

Kasus Kematian Covid NTB di Atas Rata-rata Nasional

Nasional | lombokpost | Senin, 04 Januari 2021 - 10:33

MATARAM -Masyarakat Provinsi NTB diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena persentase kematian akibat covid di NTB berada di atas rata-rata nasional.

Sebelumnya di angka 5,3 persen. Tapi ini sudah turun terus, kata Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB Hj Nurhandini Eka Dewi, Minggu (3/1).

Di Indonesia, per 2 Januari 2021 persentase kematian akibat covid sebesar 2,97 persen. Adapun di NTB mencapai 4,99 persen. Hingga 2 Januari, terdapat 290 orang meninggal dunia akibat covid dari 5.805 orang yang terkonfirmasi positif.

Eka berharap persentase kematian terus turun. Salah satu caranya dengan terus mengimbau masyarakat untuk tidak takut menjalani tes covid. Semakin banyak tes yang dilakukan, maka semakin baik. Berpengaruh juga pada angka positivity rate serta risiko kematian.

Artinya begini, ketika diperiksa lebih awal, itu kondisi pasien kan masih sehat, belum terlalu parah. Jadi penindakan dan penanganannya bisa lebih maksimal, tuturnya.

Selama ini yang terjadi, masih banyak masyarakat enggan secara sadar untuk memeriksakan diri. Meski sudah menunjukkan gejala terpapar covid. Lebih mirisnya, banyak yang datang ke rumah sakit ketika kondisi kesehatannya sudah parah.

Kalau datang pas kritis dan parah, kan susah. Kita lihat ada yang datang dalam keadaan fisik yang bagus, Alhamdulillah bisa sembuh, kata Eka.

Jumlah kematian tertinggi berada di Kota Mataram sebanyak 95 orang, Lombok Barat 50 orang, dan Kabupaten Sumbawa 47 orang. Adapun Sumbawa Barat dan Lombok Utara paling sedikit kasus kematian covid. Masing-masing tiga dan lima orang.

Meski persentase kematian sangat tinggi, angka kesembuhan covid di NTB cukup baik. Mencapai 82 persen. Namun masih berada di bawah rata-rata nasional yang sebesar 82,4 persen per 2 Januari.

Angka kesembuhan di NTB sempat mencapai posisi 82,7 persen. Turun akibat melonjaknya kasus positif selama Desember tahun lalu. Di penghujung tahun 2020 kemarin, hanya dalam tempo satu bulan, terjadi 953 penambahan kasus positif covid di NTB.

Tingginya angka positif covid di NTB pada Desember, nyaris dua kali lipat lebih banyak dibandingkan kasus per bulannya sebelum Desember. Dari pertengahan Maret hingga November, terjadi 4.772 kasus. Jika diambil rata-rata, dalam satu bulannya terdapat penambahan kasus sekitar 596.

Sementara itu, Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid NTB H Lalu Gita Ariadi berharap masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol covid. Kita saling jaga dan mengingatkan untuk pakai masker kalau beraktivitas di luar rumah, kata sekda NTB itu. (dit/r5)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{