Loading...
Loading…
Penduduk Abu Dhabi Temukan Planet Berusia 1 Miliar Tahun

Penduduk Abu Dhabi Temukan Planet Berusia 1 Miliar Tahun

Nasional | republika | Sabtu, 26 Desember 2020 - 18:41

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI -- Seorang astronom asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pertama kalinya menorehkan namanya di jurnal astronomi ilmiah American Astronomical Society ( Astronomical Journal) .Di jurnal terakreditasi internasional untuk penemuan dan penelitian astronomi di dunia itu dia melaporkan penemuan planet yang berusia sekitar satu miliar tahun.

Astronom amatir sekaligus penduduk Abu Dhabi, Nezar Hezam Sallam bersama timnya telah menemukan dua planet yang terbentuk sekitar satu miliar tahun lalu. Planet ini mengorbit di sekitar satu bintang. Dilansir dari Khaleej Times , Sabtu (26/12), Sallam menghabiskan sekitar dua juta dirham untuk keinginannya dalam membeli teleskop dan membangun observatorium sejak tahun 1998. Pada saat itulah dia pertama kali mendirikan observatorium bergeraknya.

Saat ini, ia memiliki observatorium astronomi terbesar di Timur Tengah yang disebut Emirates Astronomical Observatory. Sallam juga memiliki sekitar tiga observatorium bergerak yang semuanya dilengkapi dengan teleskop berteknologi tinggi, kamera, perangkat lunak terbaru, dan gadget terkait lainnya.

Sallam sebenarnya berprofesi sebagai insinyur komputer. Dia bekerja di Kepolisian Abu Dhabi. Setelah menyelesaikan shift kerja tujuh jamnya, Sallam mengalokasikan waktu sekitar lima jam setiap hari di observatoriumnya. Dia juga melakukan sejumlah proyek dengan Emirates Space Agency dan Mohammed Bin Rashid Space Center.

Sallam mengatakan bahwa dia jatuh cinta pada dunia surgawi ketika dia berusia tujuh tahun. Kecintaan Sallam terhadap astronomi dapat diukur dari fakta bahwa ia menamai putri pertamanya Sama, yang dalam bahasa Arab berarti langit.

Awalnya, dia bercita-cita menjadi seorang astronot. Namun, akhirnya dia bercita-cita menjadi astronom.

"Saya berpikir mengapa tidak menjadi astronom, di mana saya melakukan sejumlah kursus untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang teleskop, ruang angkasa, dan alam semesta. Astronomi adalah hidup saya dan saya memiliki lebih dari 100 teleskop yang ditempatkan di observatorium saya yang berbeda, termasuk yang terbaik di UEA," kata Sallam.

Original Source

Topik Menarik