Loading...
Loading…
Mensos Risma Harus Tinggalkan Salah Satu Jabatan

Mensos Risma Harus Tinggalkan Salah Satu Jabatan

Nasional | ayosemarang | Sabtu, 26 Desember 2020 - 10:40

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus, angkat bicara terkait pelantikan Tri Rismaharini (Risma) sebagai Menteri Sosial (Mensos) pada Rabu, 23 Desember 2020.

Guspardi mengatakan dengan dilantiknya Risma menjadi Mensos, jabatan Wali Kota Surabaya yang sebelumnya diemban oleh Risma kini harus diserahkan ke wakilnya.

Dia harus menyerahkan jabatan itu kepada wakilnya, sifatnya mungkin Plt (pelaksana tugas), sifatnya mungkin pejabat sementara, kata Guspardi melalui keterangan resminya, Sabtu (26/12/2020).

Guspardi juga merespons pernyataan Risma yang mengaku diperbolehkan oleh Presiden Jokowi untuk mondar-mandir Jakarta-Surabaya. Salah satu alasannya, Risma ingin meresmikan beberapa proyek yang dibangun dimasa kepemimpinannya di Surabaya.

"Sekali lagi hal tersebut tidak diperbolehkan dalam aturan undang-undang. Nggak boleh begitu. Tidak dapat dibenarkan karena jabatan menteri di gaji melalui APBN sedangkan jabatan Wali kota juga dari APBN," ujar Legislator dapil Sumatera Barat 2 ini.

"Itu berarti rangkap jabatan dan melanggar Undang-Undang. Solusinya, Bu Risma harus meninggalkan salah satu jabatan yang dia pikul itu, tambahnya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut meyakini bahwa Risma akan mempertahankan jabatan barunya itu. Dengan adanya jabatan sebagai Menteri Sosial, Guspardi mengimbau agar Risma segera membuat surat pernyataan pengunduran diri sebagai Walikota Surabaya.

Berdasarkan surat itu lah nanti Mendagri mengeluarkan surat (penunjukkan) Plt yang tentunya karena ada wakilnya, (diberikan ke) wakilnya. Jadi nggak begitu repot karena ada wakil, tutur dia.

Hal tersebut sama seperti ketika Yasonna H Laoly diminta presiden untuk memimpin Kementerian Hukum dan HAM. Ketika itu Yasonna masih menjadi anggota DPR. Setelah dilantik Yasonna kemudian mengundurkan diri sebagai anggota DPR Ri.

Jadi dia (Risma) harus mengundurkan diri, pungkasnya. (Icheiko R)

Original Source

Topik Menarik