Loading...
Loading…
Menko Polhukam Tegaskan Habib Rizieq, RS Ummi, dan Mer-C akan Diperiksa

Menko Polhukam Tegaskan Habib Rizieq, RS Ummi, dan Mer-C akan Diperiksa

Nasional | sindonews | Senin, 30 November 2020 - 04:09

JAKARTA - Pemerintah memastikan aparat penegak hukum akan melakukan pemeriksaan terhadap Habib Muhammad Rizieq Shihab alias HRS, pihak RS Ummi Bogor, Jawa Barat dan pihak Mer-C yang mendampingi HRS saat berada di RS Ummi.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini membeberkan, seumpama pun Habib Rizieq merasa diri sehat dan tidak akan menulari orang lain, tapi bisa saja Habib Rizieq tertular dari orang lain. Musababnya, kata Mahfud, Habib Rizieq adalah tokoh yang selalu menjadi kerumunan banyak orang dan bisa saja beliau terancam ditulari oleh orang lain. "Karena kontak erat dengan orang-orang banyak yang secara teknis kesehatan itu sangat membahayakan bagi apa namanya penularan Covid-19," ungkapnya.

Mahfud melanjutkan, khusus untuk pihak Rumah Sakit UMMI dan MER-C, maka penegak hukum juga akan meminta keterangan mereka atau hanya perlu data-data teknis. Dia membeberkan, tidak mesti kalau seseorang dimintai keterangan itu kemudian disimpulkan sudah dinyatakan bersalah. "Mungkin hanya dimintai keterangan jam berapa datang, apa yang diperlihatkan, bagaimana, siapa saja yang masuk dan sebagainya. Jadi tidak harus dianggap dia telah melanggar undang-undang. Tetapi dimintai keterangan itu harus datang, harus koorperatif. Meskipun berdasarkan itu Mer-C itu tidak mempunyai laboratorium dan tidak terdaftar dalam jaringan yang memiliki kewenangan untuk melakukan tes," kata Mahfud.

Original Source

Topik Menarik