Loading...
Loading…
Rekor Baru Erling Haaland

Rekor Baru Erling Haaland

Nasional | republika | Kamis, 26 November 2020 - 05:56

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pesepakbola muda asal Norwegia, Erling Braut Haaland berhasil memecahkan rekor di kompetisi paling bergengsi di Eropa, Liga Champions, saat Borussia Dortmund mengalahkan Club Brugge 3-0 di matchday keempat Grup F, Rabu (25/11) dini hari WIB. Dua gol disumbangkan pemain kelahiran 21 Juli tahun 2000 itu.

Dengan tambahan dua gol, koleksi gol Haaland di Liga Champions menjadi 16 gol. Hebatnya, catatan gol itu hanya dicapai dalam 12 pertandingan pertamanya di kompetisi tertinggi Eropa tersebut. Haaland mengalahkan catatan milik Nistelrooy yang jauh lebih tua (25 tahun) saat mencetak gol ke-15 dalam 19 pertandingan pada 26 Februari 2002.

Catatan 15 gol Haaland dimulai saat ia masih membela RB Salzburg di Liga Champions musim 2019/20, saat itu ia sudah mencetak delapan gol. Haaland kemudian pindah ke Dortmund pada Januari 2020 dengan harga 20 juta euro dan berhasil mencetak dua gol di musim pertamanya bersama Dortmund.

Haaland mampu menjaga intensitasnya di Liga Champions musim ini dengan mengemas enam gol. Ia pun menjadi satu-satunya pemain Dortmund yang pernah mencetak delapan gol Liga Champions untuk Black & Yellows.

Pemain yang baru menyabet gelar Golden Boy Award 2020 itu juga menjadi pencetak gol terbanyak sejauh ini, melewati Marcus Rashford dan Alvaro Morata (lima gol), Diogo Jota (empat gol) dan Bruno Fernandes (tiga gol).

Jika konsisten bukan tak mungkin Haaland mengejar capaian gol bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. CR7 saat ini tercatat sebagai top skor sepanjang masa Liga Champions dengan koleksi 131 gol. Sebagai catatan, koleksi gol Ronaldo di Liga Champions baru dimulai pada usia 22 tahun.

Selain rekor pribadi, gol pembuka Haaland di menit ke-18 ke gawang Brugge juga sekaligus menjadi gol ke-200 Borussia Dortmund di Liga Champions. Itu menjadikan Dortmund klub ke-13 yang mencapai tonggak sejarah dengan catatan tersebut.

Dengan performanya itu tak heran Haaland pun panen pujian. Rekan-rekannya menilai bahwa Haaland memang pemain yang luar biasa. "Dia luar biasa. Enam gol dalam dua pertandingan, dan saya yakin ada lebih banyak lagi sebelumnya. Dia bercanda. Sekarang, dia menjadi salah satu striker terbaik di Eropa, dan sangat luar biasa bermain dengannya," kata Jude Bellingham, di situs resmi UEFA.

Senada dengan Bellingham, Jadon Sancho juga mengaku kagum dengan ketajaman Haaland di mulut gawang lawan. Menurut dia, Haaland pantas meraih gelar Golden Boy 2020. "Saya selalu senang dimainkan dengan Haaland. Dia adalah pemain yang luar biasa dan selalu memberikan kontribusi maksimal di atas lapangan. Saya merasa senang karena bisa memberinya assist malam ini," kata Sancho.

Tidak hanya rekan satu tim, gelandang Club Brugge, Hans Vanaken juga memuji kualitas yang dimiliki Haaland. Dia menyebut Dortmund beruntung punya mesin gol seperti Haaland. "Dortmund adalah salah satu tim terbaik di Eropa. Mereka memiliki striker (Haaland) yang bisa mencetak gol secara membabi buta. Maka Anda harus merespons. Dortmund adalah tim yang bagus," kata Vanaken. N agung sasongko

Original Source

Topik Menarik