Loading...
Loading…
Perkenalkan GoPlay Indie, Wadah Ratusan Konten Film Lokal

Perkenalkan GoPlay Indie, Wadah Ratusan Konten Film Lokal

Nasional | trenasia | Rabu, 25 November 2020 - 17:15

JAKARTA PT Aplikasi Karya Anak Bangsa ( Gojek Indonesia ) melalui platform GoPlay, meluncurkan GoPlay Indie dengan menampilkan lebih dari 200 konten film indie.

Head of Corporate Strategy GoPlay Martinus Faisal mengungkapkan, inisiatif ini menjadi komitmen GoPlay dalam mewadahi para kreator film independen. Di samping itu, platform ini juga menjadi saluran distribusi karya sineas di Tanah Air.

Menghadirkan katalog film terbesar menjadi salah satu misi GoPlay. Kami akan terus memperkenalkan lebih banyak konten lokal, serta mengoptimalkan industri film Indonesia, ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima TrenAsia.com, Rabu, 25 November 2020.

Dalam peluncuran kali ini, Martinus mengaku berkolaborasi dengan komunitas, rumah produksi, universitas, pemerintah, hingga para individu pegiat film independen. Cakupannya termasuk Jogja-NETPACAsian Film Festival (JAFF), Indonesia Sinema Persada (ISP), dan Minikino Film Week Bali International Short Film Festival.

Ia menambahkan, GoPlay Indie terbuka bagi para pembuat film independen Indonesia. Karya para sineas tersebut akan melewati proses kurasi dari tim GoPlay dan komite independen.

Untuk mendukung keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang, lanjutnya, GoPlay menyediakan skema monetisasi bagi para sineas dan kreator konten. Hal ini dilakukan dengan mekanisme pembagian pendapatan ( revenue-sharing ).

Menurutnya, model revenue sharing dapat menjadi stimulus bagi para sineas untuk bergiat meningkatkan kualitas karya. Kami berharap dapat memberi manfaat yang berkelanjutan di ekosistem perfilman, tambah Faisal.

Ia menjelaskan, para pembuat film independen akan mendapat persentase pendapatan berdasarkan skema yang dipilih, yaitu SVoD, TVoD, atau FVoD.

Selain itu, GoPlay juga meluncurkan fitur Tipping bagi pengguna, apabila ingin memberikan apresiasi lewat tip mulai Rp3.000.

Adapun fitur lainnya, lanjut Faisal, ada GoPlay Indie Leaderboard yang merupakan papan navigasi untuk melihat film-film independen yang paling digemari. Setiap bulan, GoPlay akan mengapresiasi film peringkat pertama, kedua, dan ketiga Top Completed View. Nantinya, fitur ini juga akan menampilkan Monthly Newcomers Trending untuk film pendatang baru yang paling populer.

Original Source

Topik Menarik