Rossa Komentari Era Kaset, CD, Hingga Platform Streaming

Nasional | republika | Published at Senin, 16 November 2020 - 07:36
Rossa Komentari Era Kaset, CD, Hingga Platform Streaming

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi pop Rossa menyoroti cara mendengarkan musik yang kini tak lagi sama dengan masa lalu. Perkembangan teknologi berperan besar dalam menghadirkan perubahan tersebut.

"Semuanya itu mengikuti teknologi yang berkembang di dunia. Kalau dulu dari kaset, kemudian ada CD, sekarang banyak streaming karena banyak platform digital," kata Rossa saat menjadi pembicara Bincang Musik The Nextdev Summit 2020 sebagai bagian Jakarta Content Week yang digelar secara virtual, disimak di Jakarta, Ahad (15/11).

Perubahan cara mengakses musik, menurut Rossa, menghasilkan banyak tantangan bagi para pelaku yang berada di industri, termasuk musisi dan label rekaman. Sebelumnya, tantangannya adalah distribusi produk ke toko-toko kaset dan CD.

Saat ini, musik siap dipublikasikan melalui internet begitu lagu selesai diproduksi. Lagu itu pun bisa langsung terdistribusi dan bisa didengarkan di tempat-tempat di mana masyarakat dapat meraih sinyal.

“Hal yang berubah lagi adalah promosi dan strategi marketing. Tantangannya itu harus menyesuaikan dengan pasarnya, pasarnya sekarang berubah, otomatis promosi dan strategi marketingnya pasti berubah,” tutur dia.

Rossa pun menceritakan proses produksi dan distribusi lagu "Tegar" yang populer pada 1999. Dia merekam secara manual di rumah manajernya. Setelah CD-nya selesai, asisten rumah tangga manajernya membantu Rossa membagikan rekaman tersebut ke radio-radio di Jakarta.

“Itu namanya usaha. Karena menurut aku, dalam mempromosikan sesuatu tidak hanya bergantung kepada label saja. Jadi harus ada usaha dari semua pihak. Itu adalah strategi marketing di zaman itu,” ungkap Rossa.

Di zaman sekarang, di mana pandemi merebak, Rossa pun merasa sangat tertantang sebagai musisi. Rossa mengatakan, streaming digital saat ini sangat berjaya dan membantu para musisi mempromosikan lagu yang dirilis.

“Di mana yang lainnya turun secara fisik, tapi streaming digital seperti kipas-kipas banyak untung,” kata Rossa.

Rossa pun mengaku tak masalah dengan perubahan cara orang mendengarkan musik, mulai dari kaset, CD, sampai dengan saat ini secara streaming. Perempuan yang akrab disapa Teh Ocha itu mengatakan, dia sangat menikmati segala cara mendengarkan musik.

“Aku itu orangnya sangat menikmati hidup, ya. Apapun kondisinya ya buat aku ya nikmat-nikmat saja,” ungkap Rossa terkekeh.

Artikel Asli