Baru 6 Hari Menjabat, Presiden Sementara Peru Mengundurkan Diri

Nasional | bukamatanews | Published at Senin, 16 November 2020 - 07:11
Baru 6 Hari Menjabat, Presiden Sementara Peru Mengundurkan Diri

BUKAMATA - Presiden sementara Peru, Manuel Merino mengundurkan diri pada hari Minggu (15/11) kurang dari seminggu sejak menjabat.

Dalam pidato singkat di televisi, Merino mengatakan bahwa Kongres bertindak sesuai hukum ketika dia dilantik sebagai kepala negara pada hari Selasa, meskipun ada tuduhan dari pengunjuk rasa bahwa para legislator telah melakukan kudeta parlemen.

"Saya ingin memberi tahu seluruh negeri bahwa saya mengundurkan diri," kata Merino dalam pidato yang disiarkan di televisi.

Dia menambahkan bahwa langkah itu "tidak dapat dibatalkan" serta menyerukan perdamaian dan persatuan.

"Saya, seperti semua orang, menginginkan yang terbaik untuk negara kita," katanya.

Merino mengundurkan diri setelah dua pemuda terbunuh oleh polisi selama unjuk rasa pro-demokrasi yang menyerukan pemecatannya, dan setengah kabinetnya mengundurkan diri.
Rakyat Peru menyambut baik keputusan it. Mereka mengibarkan bendera merah putih bangsa mereka di jalan-jalan Lima dan meneriakkan "Kami berhasil!"

Namun masih belum ada pedoman yang jelas tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Kongres telah menjadwalkan sesi darurat pada Minggu sore untuk memilih presiden baru.

Merino mengambil alih kursi kepresidenan pada hari Selasa setelah Kongres yang didominasi oposisi memilih untuk mencopot pendahulunya, Martin Vizcarra atas tuduhan penyuapan. Vizcarra membantah melakukan kesalahan.

Setelah itu para pengunjuk rasa turun ke jalan dan mengecam naiknya Merino ke tampuk kekuasaan. Mereka menuduh badan legislatif telah melakukan kudeta parlemen terhadap Vizcarra.

Merino menjadi presiden ketiga Peru dalam waktu kurang dari lima tahun. Vizcarra menjabat pada 2018 setelah mantan Presiden Pedro Pablo Kuczynski mengundurkan diri di tengah tuduhan korupsi dan rencana impeachment. Vizcarra adalah Wakil Presiden Kuczynski pada saat itu.

Artikel Asli