10 Fakta perjalanan Joan Mir merebut gelar juara dunia MotoGP 2020

Nasional | brilio.net | Published at Senin, 16 November 2020 - 02:35
10 Fakta perjalanan Joan Mir merebut gelar juara dunia MotoGP 2020

Brilio.net - Pebalap Spanyol Joan Mir sukses merebut gelar juara MotoGP 2020. Meski rider Suzuki itu finish ketujuh pada balapan Valencia, Minggu (15/11/2020), namun hasil itu sudah cukup mengunci gelar juara yang diraih pebalap berusia 23 tahun ini. Pada seri balapan tersebut, pebalap Italia Franco Morbidelli finish pertama setelah bertarung sengit dengan pebalap Australia Jack Miller di lap terakhir.

Dengan hasil ini, Mir mengumpulkan 171 poin. Selisih 29 poin pada klasemen, tak mungkin terkejar lagi oleh Morbidelli yang berada di posisi kedua dengan raihan 142 poin, meski tersisa satu seri lagi di Portugal, pekan depan.

Ini merupakan gelar juara dunia MotoGP pertama pembalap yang menunggangi Suzuki GSX-RR itu. Ia sekaligus menjadi pembalap Suzuki pertama yang meraih juara dunia MotoGP sejak pembalap Amerika Kenny Roberts Jr pada 2000 silam.

“Luar biasa. Saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan emosi ini. Saat ini, saya tidak bisa tertawa atau menangis. Ini adalah campuran emosi. Saya sangat bahagia,” ujar Mir seperti dilansir Brilio.net dari BBC Sport.

Sepanjang musim ini, dari 13 balapan Mir meraih tujuh podium, tiga kali podium ketiga, tiga kali runner up, dan satu-satunya kemenangan Mir ia bukukan pada MotoGP Eropa pekan lalu. Kemenangan inilah yang menjadi modal Mir menjadi favorit juara.

Sebelum balapan di Valencia, Mir yang memuncaki klasemen mengantongi 162 poin, unggul 37 poin dari dua rival terdekatnya, pebalap Yamaha Fabio Quartararo dan rekan setimnya, Alex Rins.

Sebelum balapan dimulai, selain Quartararo dan Rins, Morbidelli, Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso juga memiliki peluang matematis untuk memenangkan gelar juara. Artinya, perebutan gelar juara tahun ini terbuka lebar setelah juara enam kali Marc Marquez absen karena cedera patah lengan kanan pada laga pembuka musim, Juli lalu.

Namun, Mir yang start dari posisi ke-12 akhirnya bisa mengangkat trofi juara dunia MotoGP setelah finish ketujuh. Berikut 10 fakta tentang perjalanan Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020.

1. Mendapat sepeda motor pertama di usia 6 tahun

Mir mendapatkan sepeda motor pertamanya merk Polini, pada usia enam tahun. Inilah yang menginspirasinya menjadi pebalap. Apalagi ia kerap menonton aksi pamannya, Joan Perello, yang turun di kelas kelas 125 cc.

2. Mengidolakan Valentino Rossi

Saat tumbuh dewasa, pebalap kelahiran Palma, Spanyol, 1 September 1997 ini sangat mengidolakan tujuh kali juara dunia MotoGP Valentino Rossi. Ia juga tak pernah menyangka jika akhirnya bisa bertarung dengan idolanya itu di kelas MotoGP.

3. Rookie berbakat

Mir selama selama dua musim berkompetisi di Red Bull MotoGP Rookies Cup. Di ajang ini ia mengamankan tiga kemenangan untuk menjadi runner-up di belakang Jorge Martin pada 2014 lalu.

4. Debut pertama Grand Prix sebagai pebalap pengganti

Mir memulai debutnya di ajang Grand Prix pada 2015 di GP Australia, menggantikan Hiroko Ono yang cedera. Namun ia tidak menyelesaikan balapan.

5. Rookie of the year

Di ajang Moto3 bersama Leopard Racing pada 2016, Mir mengklaim kemenangan pertamanya di Austria sebelum dinobatkan sebagai rookie of the year. Ia kemudian membuat terobosan pada 2017 dengan memenangkan 10 dari 18 balapan untuk memastikan gelar juara dunia perdananya.

6. Naik kelas di Moto2

Mir melangkah ke Moto2 bersama Marc VDS Racing Team pada 2018 untuk mengisi tempat yang ditinggalkan juara Franco Morbidelli. Di kelas ini Mir empat kali berdiri di podium untuk menduduki posisi keenam.

7. Debut MotoGP

Mir mengakhiri kontraknya dengan Marc VDS sebelum pertengahan 2018, saat ia lolos ke kelas premier (MotoGP) bersama tim pabrikan Suzuki, menggantikan Andrea Iannone. Mir mengakhiri kampanye debutnya di MotoGP tahun lalu dengan menempati posisi ke-12 dalam klasemen keseluruhan dengan finish terbaik di posisi kelima.

8. Modal satu kemenangan

Mir mengantongi kemenangan MotoGP perdananya di Grand Prix Eropa di Valencia pekan lalu setelah mengalahkan rekan setimnya Alex Rins. Ia pun menjadi pemenang kesembilan yang berbeda pada musim 2020. Mir akhirnya mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish di urutan ketujuh di Valencia, Minggu (15/11).

9. Mengantarkan Suzuki meraih juara dunia setelah 20 tahun

Kemenangan ini membuat Mir menjadi pebalap yang mengantarkan pabrikan Suzuki menjadi juara dunia setelah 20 tahun. Terakhir, Suzuki menyandang gelar juara dunia MotoGP pada tahun 2000 melalui pebalap andalannya kala itu, Kenny Roberts Jr.

10. Rookie di podium juara

Pencapaian ini sekaligus mengantarkan Mir sebagai pebalap baru (rookie) pertama yang memenangkan kejuaraan sejak Marc Marquez merebut gelar pertamanya pada 2013. Mir juga menjadi pebalap Suzuki keenam dalam sejarah MotoGP yang merebut gelar tersebut.

RECOMMENDED

5 Cerita Valentino Rossi sedih dan kecewa karena positif Covid-19

8 Potret lampu merah ala MotoGP ini bikin senyum tipis

Traffic light di Tuban ini dibikin ala MotoGP, videonya bikin senyum

10 Potret lucu driver ojek online berlagak pembalap MotoGP

5 Momen Nikita Mirzani bareng Jorge Lorenzo, bak teman akrab

Artikel Asli