Bila Dapat Dukungan KIM, Kaesang Berpeluang Menang di Pilkada Jateng

Bila Dapat Dukungan KIM, Kaesang Berpeluang Menang di Pilkada Jateng

Nasional | sindonews | Rabu, 10 Juli 2024 - 19:30
share

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berpeluang menang jika maju Pilkada Jawa Tengah (Jateng). Kemenangan tersebut akan lebih maksimal jika dia mendapatkan dukungan partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Pengamat Politik UNS, Agus Riewanto mengatakan, calon peserta Pilkada Jateng tetap harus memperhatikan popularitas, dukungan elite dan akseptabilitas masyarakat.

"Dari tiga itu Kaesang punya kans besar untuk menang di Jateng," kata Agus, Rabu (10/7/2024). Baca juga: Gerindra Beri Sinyal Kejelasan Koalisi Indonesia Maju di Pilgub Jakarta

Dia mengungkapkan, ada beberapa faktor pendukung yang memperbesar peluang menang Kaesang. Pertama, Kaesang merupakan Ketum PSI dan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Komumikasi di media sosial cukup baik. Dukungan elite politik juga sudah di depan mata," ujarnya.

Mengenai akseptabilitas, Agus menjelaskan, Kaesang bisa diterima oleh masyarakat Jawa Tengah. "Toh Pilkada itu bagaimana meyakinkan pemilih," ungkapnya.

Peluang Kaesang menang tersebut juga dapat dilihat dari hasil Pilpres 2024 silam. Karena Kaesang kemungkinan mendapatkan dukungan dari parpol anggota KIM.

Pasalnya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bisa menang di Jateng. "Sebenarnya Pilkada Jawa Tengah mirip Pilpres, (yang mendukung Kaesang) besar kemungkinan parpol yang mengusung Prabowo-Gibran dari KIM," tutupnya.

Topik Menarik