AHY Serahkan Surat Rekomendasi untuk Pilgub Sulteng, NTB, dan Riau

AHY Serahkan Surat Rekomendasi untuk Pilgub Sulteng, NTB, dan Riau

Nasional | sindonews | Rabu, 10 Juli 2024 - 19:50
share

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan surat rekomendasi kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur di tiga provinsi. Penyerahan surat rekomendasi itu dilakukan di Kantor DPP Partai Demokrat, Rabu (10/7/2024).

Tiga surat rekomendasi yang dikeluarkan yakni untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Riau. Sebanyak tiga pasangan bacagub-cawagub yang direkomendasi Partai Demokrat ini pun langsung hadir menerima surat itu.

Surat rekomendasi pertama diberikan kepada pasangan Anwar Hafid dan Renny Lamadjido yang bakal maju pada Pilgub di Sulawesi Tengah. AHY menyebut Anwar Hafid merupakan sosok politikus senior di Demokrat yang pernah menjadi Bupati Morowali selama dua periode dan melanjutkan kariernya menjadi anggota DPR.

Baca juga: PKS Serahkan Surat Rekomendasi Duet Anwar-Renny di Pilgub Sulteng

Anwar akan dipasangkan bersama Renny yang merupakan Wakil Wali Kota Palu petahana. "Ada niat yang baik untuk kembali mengabdi untuk Sulawesi Tengah yang menjadi tanah kelahirannya. Maka kami keluarga besar Partai Demokrat memberikan dukungan penuh, semoga bisa sukses sebagai calon Gubernur," kata AHY dalam konferensi pers.

Surat rekomendasi kedua diberikan kepada pasangan Zulkieflimansyah dan Moh. Suhaili Fadhil Thohir. Zulkieflimansyah merupakan Gubernur NTB petahana yang maju Suhaili yang merupakan mantan Bupati Lombok Tengah.

"Beliau adalah Gubernur petahana yang selama lima tahun ini menghadirkan berbagai kemajuan dan kesejahteraan. Dengan latar belakang beliau yang lengkap seorang akademisi yang kemudian menjadi politisi andal. Yang berkarier di DPR kemudian menjadi gubernur, rasanya sangat baik jika apa yang dicapai dalam lima tahun ke belakang bisa dilanjutkan lima tahun ke depan," tuturnya.

Surat rekomendasi terakhir diberikan kepada pasangan Muhammad Nasir seorang kader Demokrat dan Muhammad Wardan, mantan Bupati Indragiri Hilir. Keduanya direkomendasikan untuk Pilgub Riau.

"Bung Nasir ini telah lama berjuang bersama Partai Demokrat. Kali ini memiliki niat dan semangat untuk mengabdi, berjuang dan berkontribusi secara lebih nyata bagi kemajuan ekonomi daerah sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat di Riau," kata AHY.

"Oleh karena itu sebagai salah satu kader utama Partai Demokrat yang telah berjuang, kami tentunya ingin memberikan dukungan penuh agar perjuangan pak Nasir di Riau sukses untuk lima tahun ke depan," pungkasnya.

Rencananya Partai Demokrat bakal kembali memberikan surat rekomendasi untuk tiga Pilgub di daerah Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Jawa Timur. Partai Demokrat pada Kamis (4/7/2024) juga memberikan surat rekomendasi yang sama untuk maju pada Pilkada 2024 di Papua Barat, Bangka Belitung, dan Jambi.

Topik Menarik