BSSN Bentuk 3 Satgas untuk Gencarkan Operasi Siber di Pilkada 2024

BSSN Bentuk 3 Satgas untuk Gencarkan Operasi Siber di Pilkada 2024

Nasional | okezone | Rabu, 10 Juli 2024 - 03:50
share

JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) akan melancarka operasi khusus pengamanan siber di Pilkada Serentak 2024, seperti yang pernah dilakukan pada saat pelaksanaan pemilu sebelumnya. BSSN sudah membentuk tiga satuan tugas atau satgas.

"Melaksanakan operasi pengamanan siber dan sandi pada penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 mulai hari H-63 sampai H+23 di 37 provinsi dan 508 kabupaten kota di wilayah Indonesia," kata BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Sumatera di Kota Medan, Selasa (9/7/2024).

 BACA JUGA:

Dipantau dari siaran langsung Youtube Kemenko Polhukam, Hinsa mengatakan bahwa tiga satgas yang akan ditugaskan melancarkan operasi itu adalah Satgas Keamanan Siber dan Pengendalian Informasi, Satgas Sandi, dan Satgas Komunikasi dan Publikasi.

Satgas Keamanan Siber nantinya bertugas melakukan monitoring, identifikasi, proteksi, deteksi, penanggulangan dan pemulihan ke seluruh infrastruktur dan aset siber.

"Satgas pengendalian informasi bertugas melaksanakan monitoring dan analisis media sosial, media online, forum data breach terkait isu sosiokultural serta melakukan kontra/penguatan narasi," jelasnya.

Kemudian Sandi bebas untuk melaksanakan penerapan fungsi kriptografi, kontra penginderaan (sterilisasi), pengamanan signal, dan gelar jaring komunikasi yang aman.

 BACA JUGA:

Terakhir Satgas Komunikasi dan Publikasi bertugas melaksanakan Literasi dan Kajian Hukum, pelaporan dan penyampaian informasi terkait kegiatan Satgas Pemilu 2024 kepada masyarakat dan media massa.

"Itu kita lakukan bersama-sdengan stakeholder yang terkait," pungkasnya.

Topik Menarik