PKS Usul Posisi Pimpinan DPR seperti MPR, Diwakili Seluruh Fraksi

PKS Usul Posisi Pimpinan DPR seperti MPR, Diwakili Seluruh Fraksi

Nasional | sindonews | Selasa, 9 Juli 2024 - 07:14
share

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan agar formasi Pimpinan DPR diisi oleh seluruh perwakilan fraksi partai politik (parpol) di parlemen. Mereka usul pimpinan DPR seperti formasI pada pimpinan MPR saat ini.

Hal itu disampaikan Presiden PKS Ahmad Syaikhu usai menjamu pimpinan DPR RI di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024). Ia menginginkan, agar ada keterwakilan setiap fraksi yang duduk di pimpinan DPR RI.

"Nah tentu masih lebih memungkinkan untuk itu diwujudkan sehingga seluruh fraksi ada keterwakilan sebagai pimpinan DPR," kata Syaikhu.

Denganada keterwakilan setiap fraksi di pimpinan DPR, Syaikhu menilai, komunikasi dan koordinasi di pucuk DPR RI akan lebih mudah.

Baca juga: Ditemui Pimpinan MPR, JK Soroti Persoalan Hukum Indonesia

"Saya kira ketika tadi melakukan komunikasi antara partai politik ini akan lebih mudah ketika keterwakilan di pimpinan semua ada keterwakilan," terang Syaikhu.

Merespons itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet menerima usulan dari PKS yang menginginkan agar formasi Pimpinan DPR diisi oleh seluruh perwakilan fraksi parpol di parlemen.

Ia pun mengaku senada dengan usulan itu, karena keterwakilan seluruh partai dalam Pimpinan MPR dinilai memiliki manfaat. Pasalnya, keterwakilan itu menurutnya membuat komunikasi dengan pimpinan partai politik bisa lebih lancar.

"Saya merasakan manfaat seluruh perwakilan parpol ada di pimpinan MPR, kalau DPR bisa meniru, itu sangat baik," kata Bamsoet.

Saat ini Pimpinan DPR RI diisi hanya oleh lima perwakilan partai politik, yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Gerindra, dan PKB. Selain perwakilan PDIP yang menjadi pucuk, pimpinan DPR lainnya memiliki fungsi pada bidang-bidang tertentu.

Sedangkan saat ini Pimpinan MPR RI diisi 10 orang yang terdiri dari sembilan perwakilan partai politik dan satu dari perwakilan Angota DPD RI.

Bamsoet pun mengatakan, MPR saat ini sedang melakukan Silaturahmi Kebangsaan dengan menemui berbagai tokoh bangsa. Menurutnya setiap saran dan masukan dari para tokoh bangsa itu akan didokumentasikan untuk diserahkan kepada pemerintah maupun parlemen yang akan datang.

Topik Menarik