Hasil Euro 2024 Belanda vs Turki: Tim Oranje Menang Tipis 2-1,Tantang Inggris di Semifinal!

Hasil Euro 2024 Belanda vs Turki: Tim Oranje Menang Tipis 2-1,Tantang Inggris di Semifinal!

Nasional | karawang.inews.id | Minggu, 7 Juli 2024 - 13:11
share

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Timnas Belanda menang tipis 2-1 kontra Turki di Perempatfinal Euro 2024.

Hasil Timnas Belanda vs Turki di perempatfinal Euro 2024 akan diulas dalam artikel ini. 

Atas kemenangan Tim Oranje -julukan Timnas Belanda- sukses menembus babak semifinal usai melakukan comeback ciamik hingga menang 2-1. Belanda harus tertinggal lebih dahulu karena gol Samet Akydin pada menit ke-35. Tetapi di babak kedua, mereka bisa berbalik unggul lewat aksi Stefan de Vrij (70’) dan juga gol bunuh diri Mert Muldur (76’).

Laga kedua tim berlangsung di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (7/7/2024) pukul 02.00 WIB. 

Berkat kemenangan ini, Belanda lolos ke babak semifinal. Mereka akan menantang Inggris di babak tersebut pada Kamis 11 Juli 2024 dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Belanda langsung tampil ofensif. Mereka tebar ancaman berbahaya langsung ke gawang Turki, salah satunya lewat aksi Cody Gakpo. Tetapi sayang, bola masih bisa dihalau Gunok.

Turki tak menyerah tinggal diam mendapati Belanda leluasa menyerang lini pertahanan mereka terus-menerus. Turki pun sesekali mampu membangun serangan balik.

Turki pun akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-35. Ialah Samet Akaydin yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor

Gol ini berawal dari sepak pojok yang dilepaskan pemain Turki ke gawang Belanda. Sebenarnya, bola masih bisa dihalau pemain Belanda kala itu. Tetapi, bola rebound bisa langsung disambar Arda Guler yang berada di luar kotak penalti Belanda.

Umpan lambung ciamik dari Arda Guler pun bisa disambar Samet Akaydin dengan sundulannya hingga berbuah gol. Turki pun memimpin 1-0. Skor ini pun terjaga hingga akhir laga babak pertama.

Babak Kedua

Tertinggal Belanda berusaha keras mengejar di babak kedua. Pada menit ke-51, peluang emas didapat kala Weghost bisa memberi umpan ciamik kepada Depay yang ada di mulut gawang Turki. Tapi, Depay malah gagal menyambut bola.

Pada menit ke-55, Arda Guler nyaris menggandakan keunggulan Turki. Tendangan bebasnya dari luar kotak penalti berhasil mengarah dengan tepat ke gawang Belanda. Tetapi sayang, bola bisa ditepis Bart Verbruggen hingga tak berbuah gol.

Belanda akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-70. Ialah Stefan de Vrij yang mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol ciamik. Dia berhasil menyambar umpan cantik dari Memphis Depay dengan sundulannya.

Belanda tampak tampil lebih percaya diri setelah itu. Benar saja, mereka pun bisa berbalik unggul hanya selang enam menit kemudian. Gol kali ini tercipta lewat gol bunuh diri Mert Muldur saat hendak menghalau serangan berbahaya dari Memphis Depay.

Keunggulan 2-1 Belanda dalam laga ini terus terjaga hingga akhir laga. Alhasil, mereka memastikan diri keluar sebagai pemenang dan lolos semifinal Euro 2024.

Berikut Susunan Pemain Belanda vs Turki di Perempatfinal Euro 2024:

Timnas Belanda: Bart Verbruggen, Stefan de Vrij, Nathan Ake, Virgil van Dijk, Denzel Dumfries, J Schouten, Tijjani Reijnders, Xavi Simons, Memphis Depay, Serge Bergwijn, Cody Gakpo

Pelatih: Ronald Koeman

Timnas Turki: M Gunok, K Ayhan, A Bardakci, S Akaydin, M Muldur, Hakan Calhanoglu, S Ozcan, F Kadioglu, Arda Guler, B Yilmaz, K Yildiz

Pelatih: V Montella

Topik Menarik