PKB Buka Peluang Usung Sandiaga Uno di Pilkada Jabar: Konon Katanya Mau

PKB Buka Peluang Usung Sandiaga Uno di Pilkada Jabar: Konon Katanya Mau

Nasional | sindonews | Rabu, 3 Juli 2024 - 07:38
share

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengaku tengah menjajaki Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk maju di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

Langkah itu dilakukan setelah ada aspirasi masuk ke DPP PKB agar untuk mendukung Sandiaga di Pilkada Jabar. Pria yang akrab disapa Gus Jazil ini pun menyebut Sandi juga bersedia maju di Pilkada Jabar 2024.

"Itu penjajakan awal banget. Baru semacam aspirasi yang muncul dari Jabar. Ini perlu dicek apakah Pak Sandiaga mau atau tidak. Konon, katanya mau," kata Gus Jazil saat ditemui di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024).

Kendati demikian, Gus Jazil berkata, pihaknya masih melakukan pendekatan terhadap Sandiaga. Bila Sandiaga bersedia, kata PKB, perlu ada langkah untuk menaikkan elektoral Sandiaga. "Kalau Pak Sandiaga mau, Pak Sandiaga juga ada upaya menaikkan elektoral. Apakah Sandiaga memiliki elektoral yang cukup untuk bertanding di Jabar?" tuturnya.

"Yang kedua baru ditanya, melawan siapa? Dengan siapa? Kalau Pak RK ke DKI kan berarti yang lain. Kalau di sana ada Pak RK mungkin sulit untuk Pak Sandiaga mengejar elektoralnya Pak RK di Jabar," ucap Gus Jazil.

Sebelummya, Gus Jazil mengaku tengah mempertimbangkan kader internal untuk diusung di Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024. Salah satunya seperti Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda hingga Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurizal.

Namun, pria yang akrab disapa Gus Jazil ini juga mengaku telah mendapat usulan untuk mengusung figur di luar partai, seperti Menparekraf Sandiaga Uno. Usulan itu datang dari kader PKB di daerah dan juga masyarakat Jabar.

"Untuk Jabar nama PKB sudah mencari kader internal PKB yang kemungkinan diusulkan bisa maju seperti Pak Cucun, Pak Huda. Tapi ada aspirasi juga seperti dari sebagian masyarakat Jabar dan juga kader PKB untuk mengajak Pak Sandiaga Uno jadi calon gubernur Jabar," ucapnya.

Topik Menarik