HUT Ke-78 Hari Bhayangkara, Ini 5 Pesan Presiden Jokowi demi Kemajuan Polri

HUT Ke-78 Hari Bhayangkara, Ini 5 Pesan Presiden Jokowi demi Kemajuan Polri

Nasional | karawang.inews.id | Selasa, 2 Juli 2024 - 18:41
share

JAKARTA , iNewsKarawang . id -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Di HUT ke-78 Hari Bhayangkara Jokowi menyampaikan sejumlah pesan untuk Polri. Pesan-pesan tersebut diutarakan demi kemajuan institusi Bhayangkara.

Berikut 5 pesan penting yang disampaikan Jokowi di Hari Bhayangkara.

1. Polri harus bersentuhan dengan kehidupan masyarakat

Presiden Jokowi menyebut Polri mempunyai peran penting yang bersentuhan dengan masyarakat. Polri disebut tidak pernah libur dalam bertugas.

"Polri memiliki peran sentral di masyarakat. Selalu bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Polri tidak ada liburnya. Polri ada di mana-mana, tidak ada wilayah yang terlewatkan. Tapi di sisi lain artinya rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak-gerik dan tindak tanduk Polri," katanya.

2. Tingkatkan citra Polri

Kepala negara senang dalam beberapa survei terbaru citra Polri semakin baik. Hal ini katanya patut disyukuri dan ditingkatkan.

"Dengan komunikasi publik yang baik, dengan jadi teladan, dengan membangun etika pelayanan yang berorientasi pada rakyat," kata Jokowi.

3. Tidak tebang pilih dalam penegakan hukum

Presiden meminta Polri tidak tebang pilih dalam penegakan hukum. Polri harus memiliki cara pandang yang strategis.

"Ke depan Polri harus semakin lincah, harus semakin adaptif dan memiliki cara pandangan strategis. Harus menjadi cooling system dan perekat kebhinekaan, harus profesional dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum," kata presiden.

4. Ikuti perkembangan iptek

Polri harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek, khususnya dalam melawan kejahatan yang semakin rumit.

"Apalagi dalam menghadapi kejahatan transnasional yang semakin kompleks dan canggih," kata Jokowi.

5. Jaga netralitas dan stabilitas jelang Pilkada 2024

Jokowi menginstruksikan Polri menjaga netralitas selama penyelenggaraan Pilkada 2024. Jokowi juga meminta Korps Bhayangkara menjaga stabilitas jelang pilkada.

"Sebentar lagi kita masuki tahapan pilkada. Saya minta Polri turut mendukung dan menyukseskan. Jaga netralitas, jaga stabilitas dan jaga demokrasi kita agar pilkada dapat berlangsung aman jujur dan adil," katanya.

Topik Menarik