Survei LSI : Kaesang Unggul di Jateng, Kalahkan Ahmad Luthfi dan Raffi Ahmad

Survei LSI : Kaesang Unggul di Jateng, Kalahkan Ahmad Luthfi dan Raffi Ahmad

Nasional | okezone | Senin, 1 Juli 2024 - 17:25
share

JAKARTA - Elektabilitas Kaesang Pangarep berada di urutan teratas dalam survei kandidat Pilgub Jawa Tengah 2024 yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI). Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga putra bungsu Presiden Jokowi itu mengalahkan nama Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi hingga artis Raffi Ahmad.

LSI membuat simulasi terbuka 21 nama bakal kandidat gubernur Jateng. Selain Ahmad Luthfi dan Raffi Ahmad, ada nama politikus PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono, dan mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Kalau kita kerucutkan ke pertanyaan semi terbuka dengan memberi daftar 21 nama, nama-nama ini yang beredar di masyarakat ya baik lewat di media, bakal-bakal calon ini yang sementara ini unggul adalah nama Kaesang Pangarep, disusul oleh Ahmad Luthfi, lalu nama-nama berikutnya Abdul Wahid, Raffi Ahmad juga ada di situ, Bambang Wuryanto (Pacul), Sudaryono, Hendrar Prihadi mantan Walikota Semarang, ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei secara virtual, Minggu 30 Juni 2024.

Pada simulasi LSI semi terbuka 21 nama, Kaesang Pangarep paling banyak dipilih 15.9, Irjen. Pol. Ahmad Luthfi 12.9, Abdul Wachid 7.8, Raffi Ahmad 6.8, Bambang Wuryanto (Pacul) 5.8, Sudaryono 4.7, Hendrar Prihadi 4.7, dan nama lain lebih rendah. Kemudian, belum menentukan pilihan 19.5.

Jadi kalau kita lihat yang punya dukungan 5 ke atas itu ada kalau 4,7 dibulatkan menjadi 5 maka yang sudah mendapat dukungan 5 ke atas adalah Kaesang Pangarep, Ahmad Luthfi, Abdul Wahid, Raffi Ahmad, Bambang Wuryanto, Sudaryono dan Hendra Prihadi, yang lainnya di bawah 5 persen, ujar Djayadi.

Djayadi pun mengatakan bahwa nama-nama yang muncul saat ini masih menunjukkan bahwa pertarungan tampaknya sangat terbuka. Masih belum ada yang bisa disimpulkan unggul apalagi disebut dominan. Jarak antara Kaesang Pangarep dengan Ahmad Luthfi juga dekat cuma berbeda 2 atau 3 saja, pungkasnya.

Diketahui, survei LSI kali ini menggunakan sampel sebanyak 1.200 responden yang dipilih melalui metode Double Sampling. DS adalah pengambilan sample secara acak dari kumpulan data hasil survei tatap muka yang dilakukan sebelumnya.

Jumlah sampel yang dipilih secara acak untuk ditelepon sebanyak 16.498 data, dan yang berhasil diwawancarai dalam durasi survei yaitu sebanyak 1.200 responden. Sementara, margin of error survei diperkirakan 2.8 pada tingkat kepercayaan 95, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon.

Topik Menarik