392 Atlet Mahasiswa Indonesia Berlaga di ASEAN University Games 2024

392 Atlet Mahasiswa Indonesia Berlaga di ASEAN University Games 2024

Nasional | sindonews | Kamis, 27 Juni 2024 - 19:40
share

Indonesia kembali ditunjuk menjadi tuan rumah ASEAN University Games (AUG) 2024, event olahraga antar perguruan tinggi se-ASEAN yang diselenggarakan pada 25 Juni hingga 6 Juli 2024 di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Sebanyak 392 atlet mahasiswa Indonesia yang berasal dari 140 perguruan tinggi di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam AUG 2024.

Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti berpesan kepada atlet mahasiswa Indonesia yang berpartisipasi dalam AUG 2024 bahwa sebagai kontingen Indonesia, tidak hanya membawa nama baik universitas dan daerah asal, tetapi juga membawa nama baik Tanah Air di kancah internasional.

Saya tahu bahwa jalan menuju ASEAN University Games ini tidaklah mudah. Banyak dari kalian yang telah mengorbankan waktu, tenaga, dan mungkin juga momen-momen penting dalam hidup untuk berlatih dan mempersiapkan diri, ucap Suharti pada Selasa (25/6/2024).

Sesjen Suharti turut menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan komitmen dari para atlet mahasiswa Indonesia. Ingatlah bahwa kerja keras dan disiplin kalian adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik, tidak hanya dalam bidang olahraga, tetapi juga dalam kehidupan kalian secara keseluruhan, tuturnya.

Lebih lanjut, Suharti menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pelatih dan pihak-pihak yang telah mendukung dan membina para atlet mahasiswa Indonesia selama masa persiapan.

Tanpa bimbingan, dukungan, dan kesabaran dari kalian, tidak mungkin kita dapat mengirimkan kontingen yang siap berkompetisi dengan optimal. Saya percaya, dengan semangat yang tinggi dan kerja keras yang telah kalian lakukan, kita dapat meraih hasil yang gemilang, kata Suharti.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Pusat Prestasi Nasional Maria Veronica Irene Herdjiono, mengatakan bahwa pemusatan latihan bagi para atlet telah dilaksanakan di daerah masing-masing kurang lebih selama satu bulan terakhir.

Setiap perguruan tinggi dan pengurus besar cabang olahraga telah memberikan fasilitas dan bimbingan yang optimal untuk memastikan para atlet dapat mencapai performa terbaik mereka. Adapun fokus utama dari pemusatan latihan ini meliputi peningkatan kemampuan teknis, taktik, serta pemahaman tentang nilai-nilai sportifitas dan etika dalam berolahraga, ucap Irene.

AUG 2024 memperlombakan sebanyak 21 cabang olahraga, di antaranya futsal, petanque, bola voli, tenis, renang, sport climbing, 3X3 bola basket, Judo, bola tangan, wushu, bridge, catur, dan atletik. Kemudian, bola basket, badminton, panahan, voli pantai, sepak takraw, taekwondo, pencak silat, serta karate.

Sementara itu, Pelatih Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Suhardi yang merupakan salah satu ofisial dari kontingen Indonesia berharap para atlet bisa menampilkan prestasi terbaiknya sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Mudah-mudahan harapan kami dapat tercapai. Para atlet sudah diberikan bekal untuk meraih medali dengan sebaik-baiknya dan mempersembahkan kemampuan yang terbaik, ujar Suhardi.

Sedangkan, salah satu atlet mahasiswi cabang olahraga 3x3 Bola Basket Dewa Ayu Made Sriartha mengatakan bahwa persiapan yang diberikan oleh pelatih sudah sangat matang.

Dari segi taktik dan strategi sudah matang, sehingga para pemain tinggal melaksanakan apa yang telah diberikan oleh pelatih di pertandingan nanti. Kami pun sudah sangat siap untuk bertanding, ucap mahasiswi asal Universitas Airlangga Surabaya.

Topik Menarik