Terus Perbaiki Kinerja, KB Bank Raih Peringkat Internasional dari Fitch Ratings

Terus Perbaiki Kinerja, KB Bank Raih Peringkat Internasional dari Fitch Ratings

Nasional | sindonews | Selasa, 25 Juni 2024 - 17:03
share

PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) atau KB Bank kembali mencetak prestasi membanggakan. Kali ini, perseroan berhasil meraih peringkat internasional di level BBB dengan outlook stabil yang diterbitkan oleh PT Fitch Ratings Indonesia.

Peringkat ini setara dengan Sovereign Credit Rating Indonesia (Rating Internasional) yang telah diumumkan lebih dulu pada Maret 2024 lalu. Capaian ini tentunya tak lepas dari dukungan kuat induk usaha KB Bank, yaitu KB Financial Group (KBFG).

Berkat kinerja dan konsistensinya, KB Bank menjadi salah satu institusi perbankan di Indonesia yang sukses meraih peringkat internasional setara dengan Sovereign Credit Rating Indonesia.

Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong mengatakan, Peringkat internasional yang diterbitkan oleh Fitch ini mengukuhkan kepercayaan oleh para pemangku kepentingan di ranah internasional terhadap upaya perbaikan fundamental dan pertumbuhan berkelanjutan dari KB Bank.

Adapun proses pemeringkatan Fitch didasarkan pada informasi faktual dari berbagai sumber kredibel dan terverifikasi. Peringkat ini menggambarkan stabilitas keuangan KB Bank dan komitmennya terhadap praktik-praktik bisnis berkelanjutan.

Saat ini, kinerja KB Bank terus mencatatkan perbaikan kinerja, di mana pertumbuhan kredit baru KB Bank mencapai 114,3 persen secara year-on-year. Pencapaian tersebut juga mampu diimbangi dengan perbaikan dari segi beban, di mana beban bunga dan beban operasional masing-masing tercatat turun 2,1 persen dan 12,4 persen secara year-on-year.

Robby menegaskan, KB Bank juga telah berhasil meningkatkan Net Interest Margin (NIM) menjadi 0,9 persen pada kuartal I-2024 dari sebelumnya 0,7 persen di periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain itu, KB Bank juga berhasil memperbaiki rasio kredit kualitas rendah atau loan at risk (LAR) menjadi 34,3 persen pada kuartal I-2024 dari 50,3 persen di periode yang sama pada tahun sebelumnya. Hingga April 2024, rasio LAR tercatat terus membaik hingga 26,9 persen.

Tak hanya perbaikan fundamental, kata Robby, tahun ini KB Bank juga menargetkan pertumbuhan kinerja melalui ekspansi kredit yang dijalankan. Segmen korporasi atau wholesale menjadi anchor dalam upaya mendorong pertumbuhan ini dengan menciptakan ekosistem bisnis bagi segmen UMKM dan ritel.

KB Bank semakin optimistis untuk terus memperbaiki kinerja dan mengejar target-target pertumbuhan secara berkesinambungan, tuturnya.

Sebelumnya, pada April 2024, Fitch telah mempertahankan peringkat nasional KB Bank di level tertinggi AAA dengan outlook stabil. Hal ini mencerminkan peringkat tertinggi terhadap emiten dan obligasi dengan tingkat risiko gagal bayar paling rendah.

Pembaruan peringkat Fitch juga dilakukan terhadap berbagai instrumen keuangan KB Bank yang telah diterbitkan sebelumnya, yaitu:

1. Peringkat Nasional Jangka Panjang di AAA(idn); Outlook Stabil2. Peringkat Nasional Jangka Panjang AAA(idn) untuk Program Obligasi Berkelanjutan I PT Bank KB Bukopin Tbk sejumlah maksimum Rp2 triliun3. Peringkat Nasional Jangka Panjang AAA(idn) untuk Obligasi Berkelanjutan I PT Bank KB Bukopin Tbk Tahap I Tahun 2021 sejumlah Rp1 triliun4. Peringkat Nasional Jangka Panjang AA(idn) untuk Program Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III PT Bank KB Bukopin Tbk sejumlah maksimum Rp2 triliun5. Peringkat Nasional Jangka Panjang AA(idn) untuk Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III PT Bank KB Bukopin Tbk Tahap I-2021 Seri A sejumlah Rp315 miliar6. Peringkat Nasional Jangka Panjang AA(idn) untuk Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III PT Bank KB Bukopin Tbk Tahap I-2021 Seri B sejumlah Rp685 miliar

Dengan dipertahankannya peringkat nasional dan tambahan peringkat internasional dari Fitch, semakin memperkuat komitmen kami untuk memberikan layanan perbankan yang andal dan inovatif sesuai kebutuhan nasabah kami, ucap Robby.

Topik Menarik