SYL Akui Istri Terima Uang Harian dan Bulanan dari Kementan

SYL Akui Istri Terima Uang Harian dan Bulanan dari Kementan

Nasional | okezone | Senin, 24 Juni 2024 - 12:16
share

JAKARTA - Eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengaku telah mengetahui adanya aliran dana untuk sang istri, Ayun Sri Harahap dari Kementan. Namun, ia menegaskan uang tersebut resmi dan telah dianggarkan dalam Kementan.

Hal itu diungkapkan SYL saat menjadi saksi mahkota untuk terdakwa eks Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Kementan, Muhammad Hatta, Senin (24/6/2024).

Mulanya, Ketua Majelis Hakim Rianto Adam Pontoh menanyakan pengetahuan SYL terkait adanya aliran uang untuk Sri per hari dan per bulan dari Kementan.

"Apakah saudara tahu, Bu Menteri, istri sah saudara. Menurut keterangan saksi yang lain itu, selain menerima biaya makan atau uang per hari ada yang Rp2-3 juta sesuai kebutuhan, Bu Menteri dalam hal ini istri saudara juga, ada menerima uang bulanan? Tahu ga saudara?" tutur Hakim Pontoh dalam ruang sidang Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Merespons itu, SYL mengaku tahu dan menegaskan uang itu merupakan dana Dharma Wanita. Menurutnya, anggaran wajar dan ada dalam protap setiap pejabat, bahkan sekelas Gubernur.

"Yang mulia, itu uang rumah tangga, kemudian uang Dharma Wanita. Ini semua Protap semua menteri, ini semua protap pejabat termasuk gubernur. Ada uang rumah tangga, ada uang Dharma Wanita," tutur SYL.

"Istri saya mendampungi Bu Presiden kemana-mana dan mempersiapkan acaranya," imbuhnya.

Merespons itu, Hakim Pontoh melayangkan pertanyaan penegasan terkait oengetahuan SYL terhadap aliran dana uang Kementan ke sang Istri, Sri. "Jadi saudara mengetahui bahwa istri saudara, atau Bu Menteri menerima uang per bulan ya?" tanya Hakim Pontoh.

"Dia diberi oleh kantor seperti itu," tutur SYL

"Rp15 juta kemudian sampai ke terakhir Rp30 juta?" tanya Hakim Pontoh.

"Tahu yang mulia," jawab SYL.

Topik Menarik