Kisah Awal Mula OPM yang Ternyata Dibentuk Belanda Demi Lakukan Dekolonialisasi Papua

Kisah Awal Mula OPM yang Ternyata Dibentuk Belanda Demi Lakukan Dekolonialisasi Papua

Nasional | okezone | Jum'at, 21 Juni 2024 - 07:22
share

JAKARTA - Kisah awal mula OPM yang ternyata dibentuk Belanda demi lakukan dekolonialisasi Papua. Apalagi, organisasi ini cukup meresahkan masyarakat hingga melakukan pembunuhan terhadap warga.

Beberapa belum mengetahui kisah awal mula OPM yang ternyata dibentuk Belanda demi lakukan dekolonialisasi Papua. Apalagi, akar penyebab konflik Papua, yaitu sengketa historis terkait integrasi Irian Barat ke Indonesia.

Lalu, kasus pelanggaran hak asasi manusia yang belum terselesaikan, dan meningkatnya marginalisasi dan diskriminasi terhadap orang Papua, masih belum terselesaikan.

Apalagi, pada wilayah Nugini Belanda atau Nugini Barat dikuasai Belanda. Sedangkan, Nugini Britania dikuasai Australia. Kedua wilayah tersebut menolak penjajahan Jepang dan menjadi sekutu dari Australia dan Amerika Serikat selama Perang Pasifik.

Sebelum berakhirnya perang, terjalin hubungan antara Nugini belanda dan Belanda yang berdampak pada pengangkatan warga sipil Papua ke pemerintahan. Tapi setelah pemerintahan Indonesia aktif pada 1963, teritori Nugini Barat dan Papua berada di pemerintahan Indonesia.

Sementara itu, Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah sebuah gerakan separatis yangdidirikan tahun 1965 yang bertujuan untuk mewujudkan kemerdekaan Papua bagian barat dari pemerintahan Indonesia.

Topik Menarik