Mitos Tembok Yajuj Majuj, Merupakan Tempat yang Dipercaya Tanda Akhir Zaman?

Mitos Tembok Yajuj Majuj, Merupakan Tempat yang Dipercaya Tanda Akhir Zaman?

Nasional | sidoarjo.inews.id | Rabu, 19 Juni 2024 - 06:20
share

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Yajuj Majuj dalam agama Islam digambarkan sebagai sebuah ras atau bangsa yang akan memunculkan kekacauan di dunia. Selain itu, munculnya yajuj dan majuj juga disebut sebagai salah satu tanda akhir zaman.

Dia bertemu dengan kaum yang mengadukan tentang bahaya dari Yajuj Majuj. Akhirnya, Zulkarnain pun membangun tembok untuk mengurung mereka, agar tidak bisa membuat kekacauan.

Dalam perkembangannya, lantas hal ini memunculkan banyak teori dan spekulasi mengenai tempat asli yang dikira sebagai tembok tersebut. Namun, sampai saat ini belum ada satupun teori tersebut yang terbukti benar. Tidak hanya di Islam, Yajuj Majuj juga dikisahkan oleh agama lain.

Dalam kisahnya di Al Quran, tepatnya pada surat Al Kahfi. Diceritakan kala itu Raja Zulkarnain dalam perjalanannya sampai di antara dua gunung.

Berikut beberapa tempat yang pernah diduga sebagai tembok Yajuj Majuj, dikutip dari sindonews.com pada Senin (17/6/2024):

1. Gates of Alexander Gerbang Alexander merupakan sebuah dinding legendaris yang dibangun Greatest Alexander di Kaukasus. Konon, gerbang ini digunakan untuk menjaga orang barbar di wilayah utara menyerang wilayah selatan.

Untuk letaknya sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat 2 lokasi yang dicurigai, yaitu antara Derbent, Rusia atau Pass of Deriel, perbatasan Rusia dan Georgia.

Dikutip dari IFY Books, Alexander dikatakan pernah melakukan perjalanan ke ujung dunia dan kemudian membangun tembok ini. Tujuannya adalah menjauhkan jangkauan yajuj majuj dari tanah lain.

Dalam Islam, Alexander ini disebut sebagai Dzulqarnain. Beberapa catatan menunjukan pasukan yajuj majuj ini sangat ganas dan tidak manusiawi. Maka dari itu, dibuatlah tembok untuk mengurung mereka agar tidak menimbulkan kerusakan dan kekacauan.

2. Tembok Besar Tiongkok Tembok besar China adalah serangkaian benteng yang dibangun untuk melindungi kawasan tersebut. Dinding ini membentang dari Liaodong di Timur dan Danau Lop di Barat.

Sejak dulu, sebenarnya sudah cukup banyak teori yang mengatakan bahwa tembok besar ini adalah tempat Yajuj Majuj dikurung. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan. Karena sesuai ajaran Islam, tembok Yajuj Majuj ini berada di sisi Timur dunia, sedangkan Great Wall China ada di sebelah Utara dunia.

3. Kutub Utara atau Selatan Dalam sebagian pandangan, Yajuj Majuj dikurung dalam tembok yang terbuat dari besi dan tembaga. Selain itu, setiap harinya mereka berusaha untuk menggali untuk bisa keluar dari tembok tersebut.

Dikutip dari Islamic Information, Kutub Utara atau Selatan menjadi salah satu tempat yang diduga menjadi tembok yajuj majuj. Alasannya adalah setelah sekian lama, tidak menutup kemungkinan tembok itu tertutup pasir atau salju.

Maka dari itu, Kutub Utara dan Selatan yang selalu diselimuti salju ini pernah diduga sebagai dinding yang mengurung yajuj majuj. 4. Greater Kaukasus Tempat lain yang pernah diduga menjadi tembok yajuj majuj adalah Greater Kaukasus.

Lokasi ini berada diantara kawasan Georgia bagian utara serta Rusia bagian selatan. Dikutip dari pemberitaan sindonews, ada sebuah timbunan berupa dinding yang terbuat dari besi dan tembaga di Pegunungan Kaukasus.

Tempat ini terletak di kawasan sempit antara dua bukit Darial. Tempat tersebut dikenal sebagai Dariel Pass yang memiliki tinggi mencapai 3,950 kaki dari permukaan laut. iNewsSidoarjo

Topik Menarik