Jemaah Haji Temukan Keteduhan di Bawah Pohon Soekarno di Padang Arafah

Jemaah Haji Temukan Keteduhan di Bawah Pohon Soekarno di Padang Arafah

Nasional | medan.inews.id | Selasa, 18 Juni 2024 - 14:00
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Pohon Soekarno atau Pohon Mimba (Melia Azedarach L.) adalah sebuah pohon bersejarah yang terletak di Padang Arafah, Mekkah, Arab Saudi.

Pohon ini ditanam oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, pada tahun 1954 saat beliau menunaikan ibadah haji.

Pohon Soekarno di Padang Arafah menjadi simbol persahabatan antara Indonesia dan Arab Saudi. Pohon ini juga menjadi tempat berteduh bagi para jemaah haji Indonesia yang melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Pohon Soekarno memiliki tinggi hingga sekitar 15 meter dan diameter batang sekitar 1 meter. Pohon ini memiliki daun yang rimbun dan rindang, sehingga memberikan keteduhan bagi para jemaah haji.

 

Selain itu Pohon Soekarno ini menghasilkan buah yang berwarna hijau dan berbentuk bulat. Sejak ditanam pohon ini dirawat dengan baik oleh pemerintah Arab Saudi hingga membuat Padang Arafah terlihat menghijau.

Pohon Soekarno merupakan pengingat akan hubungan erat antara Indonesia dan Arab Saudi. Pohon ini juga menjadi simbol keteguhan iman dan semangat para jemaah haji dalam melaksanakan rukun Islam yang kelima.

Topik Menarik