Khotbah Iduladha 2024 Ketua KPU di Depan Jokowi Singgung Sifat Kebinatangan

Khotbah Iduladha 2024 Ketua KPU di Depan Jokowi Singgung Sifat Kebinatangan

Nasional | sindonews | Senin, 17 Juni 2024 - 09:46
share

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan salat Iduladha 1445 H di Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024). Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari bertindak sebagai khatib.

Dalam khotbahnya di hadapan Jokowi, Hasyim menyinggung soal sifat kebinatangan manusia yang harus dikorbankan dan disembelih. Agama kita, agama Islam menetapkan untuk menyembelih kurban binatang berupa hewan ternak yaitu di antaranya domba, kambing, kerbau, sapi atau unta, yang dikurbankan adalah binatang, katanya.

Ini mengandung setidaknya dua makna yang pertama sifat-sifat kebinatangan yang terdapat dalam jiwa manusia harus dikorbankan dan disembelih. Dan yang kedua, jiwa dan perbuatan seseorang harus dilandasi dengan tauhid, iman, dan takwa, ujar Hasyim.

Pada kesempatan itu, Hasyim juga mengatakan bahwa sangat banyak sifat kebinatangan yang terdapat dalam diri manusia, sifat seperti mementingkan diri sendiri, sifat sombong, sifat yang menganggap bahwa hanya dirinya dan golongannyalah yang selalu benar, serta sifat yang memperlakukan sesamanya atau selain golongannya sebagai mangsa atau musuh.

Sifat kebinatangan yang selalu curiga, menyebarkan informasi yang tidak benar, fitnah, rakus tamak, dan ambisi yang tidak terkendalikan, tidak mau melihat kenyataan hidup, tidak mempan diberi nasehat, tidak mampu mendengar teguran dan lain-lain merupakan sifat-sifat yang tercela dalam pandangan Islam, ujar Hasyim.

Hasyim mengatakan sifat-sifat yang demikian jika tetap dipelihara dan bercokol di dalam diri seseorang akan membawa kepada ketidakstabilan dalam hidup, ketidakharmonisan dengan lingkungan baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Sifat-sifat yang dimiliki ini akan memudahkan jalan bagi terciptanya perpecahan dan ketentraman hidup dalam masyarakat, pungkasnya.

Topik Menarik