Eks Penyidik KPK Kritik Gaduhnya Pencarian Harun Masiku, Harusnya Pakai Mode Senyap

Eks Penyidik KPK Kritik Gaduhnya Pencarian Harun Masiku, Harusnya Pakai Mode Senyap

Nasional | okezone | Minggu, 16 Juni 2024 - 09:09
share

JAKARTA - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yudi Purnomo Harahap mengkritik proses pencarian buronan Harun Masiku (HM) yang dinilai terlalu gaduh sehingga mempersulit penangkapan. Menurutnya, pencarian buronan seharusnya dalam mode senyap.

"Pencarian seorang buronan itu hanya bisa dilakukan ketika HM merasa dia sedang tidak diintai, karena kewaspadaannya akan berkurang," kata Yudi kepada wartawan, Sabtu 15 Juni 2024.

Menurut Yudi, dengan kegaduhan yang selama ini terjadi membuat Harun Masiku yang meruakan tersangka kasus suap PAW anggota DPR RI itu punya kesempatan menghilangkan jejak. Entah berpindah tempat atau membatasi pergerakannya.

"Kalau terjadi kegaduhan maka ada dua pilihan bagi HM, berpindah ke lokasi lain yang lebih tersembunyi atau tetap di lokasi yang sama dengan asumsi KPK belum tahu namun membatasi pergerakan keluar tempat tinggalnya," ujarnya.

"Selain itu orang orang yang menyembunyikan HM sekaligus mendanai pelariannya pun tentu akan memikirkan strategi lainnya agar HM tetap tidak tertangkap," sambungnya.

Sebelumnya Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Tessa Mahardhika Sugiarto mengegaskan penyidik terus mencari keberadaan Harun Masiku. "Semua informasi baru yang didapatkan oleh penyidik akan ditindaklanjuti baik itu melalui pemeriksaan maupun upaya-upaya penyidikan lainnya," katanya di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat 14 Juni 2024.

"Penyidik tetap berupaya untuk mencari yang bersangkutan dengan strategi-strategi yang kembali lagi tidak bisa dirilis di publik," ujarnya.

Tessa menegaskan pencarian Harun Masiku tidak ada sangkut pautnya dengan agenda politik.

Topik Menarik