Peristiwa 16 Juni: Rakyat Sumbar Angkat Senjata Lawan Belanda

Peristiwa 16 Juni: Rakyat Sumbar Angkat Senjata Lawan Belanda

Nasional | okezone | Minggu, 16 Juni 2024 - 05:53
share

JAKARTA - Berbagai peristiwa bersejarah dan penting terjadi pada 16 Juni. Beberapa di antaranya adalah Perang Belasting di Sumatera Barat hingga Ustadz Abu Bakar Ba'asyir divonis hukuman 15 tahun penjara.

Okezone merangkum peristiwa penting yang berlangsung pada 16 Mei, dikutip dari berbagai sumber, Minggu (16/6/2024):

632 Yazdegerd III Naik Takhta Menjadi Raja Persia

Yazdegerd III adalah penguasa ke-38 dan terakhir dari Kekaisaran Sasaniyah di Iran. Ayahnya adalah Shahriyar dan kakeknya adalah Khosrau II (590628).

Ia naik takhta pada 16 Juni 632 ketika masih berusia 8 tahun, setelah serangkaian konflik internal. Yazdegerd III sekaligus menjadi penguasa terakhir dari Dinasti Sassanid (sekarang Iran).

1746 Perang Suksesi Austria dan Sardinia Kalahkan Prancis-Spanyol

Perang ini melibatkan hampir seluruh kekuatan di Eropa, kecuali Persemakmuran Polandia-Lituania, Imperium Portugis, dan Kesultanan Utsmaniyah. Perang bermula dengan dalih bahwa Maria Theresa dari Austria tidak berhak meneruskan takhta Habsburg dari bapaknya, Charles VI, karena hukum melarang pewarisan takhta pada seorang perempuan, meskipun dalam kenyataan ini adalah sebuah alasan yang diberikan oleh Prussia dan Prancis untuk menantang Habsburg.

Austria didukung oleh Kerajaan Britania Raya dan Republik Belanda, musuh bebuyutan Prancis, serta Kerajaan Sardinia dan Sachsen. Prussia dan Prancis bersekutu dengan Elektorat Bayern. Perang berakhir dengan ditandatanganinya Traktat Aix-la-Chapelle pada 1748.

1755 Perang Tujuh Tahun Prancis-Indian Melawan Britania-Amerika

Ini adalah bagian dari Perang Tujuh Tahun yang terjadi antara 1754 hingga 1763. Nama ini merujuk ke bagian Perang Tujuh Tahun yang terjadi di daerah yang sekarang bernama Amerika Serikat dan Kanada.

Perang itu terjadi antara Prancis dengan sekutunya dari Suku Indian melawan Britania-Amerika dan sekutu Indian-nya. Perang ini disebut perang penaklukan di Quebec dan Ontario, Kanada.

Topik Menarik