Jelang Idul Adha 400 Juru Sembelih se-Kabupaten Tuban Ikuti Pelatihan Juru Sembelih Halal, Juleha

Jelang Idul Adha 400 Juru Sembelih se-Kabupaten Tuban Ikuti Pelatihan Juru Sembelih Halal, Juleha

Nasional | tuban.inews.id | Jum'at, 14 Juni 2024 - 07:31
share

Hari Raya Idul Adha kurang beberapa hari lagi, lebih dari 400 orang Juru Sembelih Halal (Juleha) dari berbagai wilayah di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengikuti pelatihan penyembelihan hewan kurban. 

 

Para peserta pelatihan diedukasi tentang penyembelihan hewan kurban, yang sesuai dengan standart nasional dan aturan agama.
 
Jelang Hari Raya Idul Adha yang kurang dari beberapa hari ini, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP2P) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menggelar pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) di Rumah Potong Hewan Ruminasia Tuban.

 

 

Pelatihan diikuti sekitar 400 juru sembelih dan takmir masjid se-Kabupaten Tuban. Pelatihan bertujuan agar metode penyembelihan hewan kurban saat hari raya Idul Adha nanti, dilakukan sesuai standart nasional dan aturan agama.
 


Pola penyembelihan hewan kurban yang benar akan menghasilkan daging kurban yang baik serta halal. Para peserta juga diedukasi tentang cara menggiring sapi agar tidak mengamuk.

 

Lalu cara untuk merobohkan hewan kurban dengan langkah yang efektif, efesien dan tata cara penyembelihan yang benar serta memotong daging yang baik.

 

 

Pelatihan ini disambut dengan antusias oleh para peserta. Irhamna, peserta perwakilan dari PD Muhammadiyah Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, menuturkan, di sini dia mendapatkan ilmu-ilmu baru yang nantinya akan dipraktekkan ketika pelaksanan idul kurban di tempatnya.

 


 
“terkait dengan pelatihan juleha juru sembelih halal yang awalnya kami hanya menggunakan teori teori klasik, ternyata disini kami mendapatkan ilmu-ilmu baru yang nantinya bisa kami praktekan ketika pelaksanan idul kurban ditempat kami,” ujar Irhamna, peserta Juleha 2024.
 
selain mempelajari secara teori, perwakilan peserta juga diminta melakukan praktek langsung, mulai dari tahap menggiring hewan hingga pemotongan daging.

 

 

“jadi kegiatan hari ini itu adalah rangkaian dari kegiatan persiapan menjelang Idul Adha yang dilaksanankan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, jadi kita melakukan bimtek juru sembelih halal dan penanganan pada daging menjelang hari raya Idul Adha, jadi praktek ini mulai dari persiapan ternak kurban sampai diproses pemyembelihan. pesertanya sejumlah 400 orang dari 50 masjid yang ada di Kabupaten Tuban,” ungkap Pipin Diah Larasati, Kepada Bidang Kesehatan Hewan DKP2P Tuban.
 
Dengan banyaknya juru sembelih halal diberi pelatihan, maka metode penyembelihan yang asal-asalan akan semakin berkurang, serta semakin banyak pula masyarakat yang tahu tentang tata cara menyembelihan hewan kurban yang baik dan benar.

 

Topik Menarik