Waspada Kekeringan, Jawa Mulai Memasuki Musim Kemarau

Waspada Kekeringan, Jawa Mulai Memasuki Musim Kemarau

Nasional | okezone | Rabu, 22 Mei 2024 - 08:11
share

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan wilayah Pulau Jawa mulai memasuki musim kemarau menjelang akhir periode Mei 2024. BNPB mengingatkan waspada potensi kekeringan, sehingga tak terjadi seperti tahun lalu.

Jadi ini kita lihat Jawa sangat-sangat kering, cukup kering dan mungkin sudah mulai masuk kemarau. Jadi ini juga menjadi atensi untuk potensi kekeringan seperti pernah kita alami juga di tahun lalu, ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam Disaster Briefing, dikutip Rabu (22/5/2024).

Aam sapaan akrab Abdul Muhari pun mengungkapkan bahwa di wilayah Jawa tidak ada tutupan awan hujan sehingga relatif terbuka terhadap sinar matahari langsung. Selain Jawa, wilayah Bali dan Nusa Tenggara juga relatif tidak ada tutupan awan hujan.

Kita lihat ini kita bisa lihat agak clear ya, mulai dari tanggal 14 sampai 19 Mei itu Jawa relatif kering ya berarti terbuka berarti tidak ada awan hujan yang ada di atas Pulau Jawa Bali dan Nusa Tenggara, kata Aam.

Bahkan, Aam mengatakan, dalam dua minggu terakhir wilayah Jawa sudah jarang turun hujan. Makanya, ini kita juga pasti merasakan tidak hanya satu minggu dari 14 sampai 19 Mei ya, saya masih ingat di Disaster Briefing sebelumnya kita juga Jawa sangat kurang tersentuh atau disiram hujan dalam kalau dihitung dari sekarang sudah 2 minggu mungkin lebih, ujarnya.

Aam menambahkan, intensitas hujan yang rendah di wilayah Pulau Jawa sejalan dengan kejadian bencana yang berkurang cukup signifikan. Untuk Jawa, kita menerima satu kejadian laporan kejadian tanah longsor di Sukabumi tapi meskipun demikian secara umum Jawa cukup kering ya, Jawa Bali Nusa Tenggara, ujarnya.

Topik Menarik