Loading...
Loading…
Bukan Gempa Bumi, Penjelasan BMKG Soal Dentuman di Jakarta Selatan

Bukan Gempa Bumi, Penjelasan BMKG Soal Dentuman di Jakarta Selatan

Nasional | jawapos | Senin, 21 September 2020 - 11:01

JawaPos.com Masyarakat dihebohkan dengan suara dentuman di sebagaian Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, Minggu (20/9) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Kerasnya dentuman itu bahkan sampai bisa membuat kaca jendela bergetar.

Seperti diberitakan PojokSatu.id (Jawa Pos Group) , diduga, dentuman itu berasal dari aktivitas petir di sekitar Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Hal itu diperkuat dengan hasil monitoring lightning detecktor di mana dentuman terjadi bertepatan dengan aktivitas petir di Gunung Salak pada 19.00-20.00 WIB.

Namun demikian, acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga, kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Daryono menjelaskan, awalnya BMKG menelusuri asal muasal dentuman dimaksud melalui analisa gempa. Sebab, gempa dengan kedalaman sangat dangkal dapat menimbulkan suara dentuman. Namun setelah dicek, BMKG tak mencatat adanya aktivitas seismik di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Maka dengan kecocokan waktu, BMKG menduga suara itu berasal dari petir di sekitar Gunung Salak. Sehingga suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir, pungkasnya.

Original Source

Topik Menarik