Bukan Tawuran, Generasi Muda Adu Jotos di Dalam Ring Mapolsek Jagakarsa

Bukan Tawuran, Generasi Muda Adu Jotos di Dalam Ring Mapolsek Jagakarsa

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 22:46
share

JAKARTA - Polsek Jagakarsa menggelar lomba tinju bagi generasi muda bergajuk \'Boxing Open\'. Hal ini salah satu upaya untuk menyalurkan energi para kaum muda mengarah ke hal yang positif.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang mengakui bahwa, pilihan Polsek Jagakarsa sangat tepat untuk mengadakan pertandingan tinju. Menurut Dito dengan kegiatan positif ini, dapat mengurangi angka tawuran dan kekerasan yang terjadi pada anak muda.

"Saya pernah mengalaminya dulu sama SMA 6 Mahakam kalau dulu itu tawurannya sama anak SMA 70. Salah satu menyalurkan energi kita sebagai anak SMA kalau gak boxing, ya Muai Thai karena trendnya sama ya adu jotos juga sama," kata Dito di Mapolsek Jagakarsa, Sabtu (10/6/2023).

Ia mengapresiasi langkah Kapolsek Jagakarsa, Kompol Multazam Lisendra. Pasalnya, kegiatan ini bisa merangkul generasi muda menyalurkan ke energi yang positif.

"Jadi saya sangat mengapresiasi khusunya pak Kapolsek yang memilih cara seperti ini untuk merangkul generasi muda, untuk memastikan energi anak muda di Jaksel disalurkan. Semoga ini bisa menjadi contoh. Bayangkan seluruh kota DKI jakarta bisa mencontoh," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Jagakarsa, Kompol Multazam mengatakan, kompetisi tersebut dilakukan guna mengurangi angka tawuran di wilayah hukumnya. Hal ini bagian dari upaya preventif pihak kepolisian.

"Tujuannya agar anak-anak dari berangkat tawuran kita ganti dengan berangkat ke sasana untuk berlatih dan meraih prestasi yang lebih tinggi," ujarnya.

Menurutnya, sampai saat ini ada 197 anggota yang berlatih untuk mengikuti tinju, kick boxing, karate, dan taekwondo. Alasan mendirikan sasana tinju di Mapolsek Jagakarsa, dia ingin mengubah momok markas polisi sebagai tempat orang yang bermasalah menjadi tempat menoreh prestasi bagi para anak muda.

"Mudah-mudahan pelatihan secara gratis kemudian dibuka untuk seluruh pemuda Jagakarsa bisa bergabung di Polsek Jagakarsa dan dilatih oleh pelatih yang memiliki jam terbang yang luar biasa," tuturnya.

Mengenai Jagakarsa Boxing Open, Multazam menambahkan, ada 54 partai yang terselenggara, terdiri dari 24 dari parta pelajar dan 30 partai member. Diadakan pertandingan ini bagian dari HUT ke-77 Bhayangkara Polri.

"Ada 108 petinju amatir yang berlaga, ada member dari Belitung Timur, Bengkulu dan Semarang ikut dalam tinju ini, semoga dari ring mereka jadi saudara. Semoga semakin kita dekat dengan masyarakat, Polri semakin dicintai," tuturnya.

Topik Menarik